GIIAS 2021 Resmi Ditutup Dengan Sejumlah Catatan

Pameran otomotif GIIAS 2021 akhirnya resmi ditutup dengan sejumlah catatan positif namun tanpa jumlah transaksi

GIIAS 2021 Resmi Ditutup Dengan Sejumlah Catatan
Photo: Trenoto
  • Oleh Adi Hidayat

  • Minggu, 21 November 2021 | 15:25 WIB

TRENOTO – GIIAS 2021 yang berakhir hari ini ternyata sempat diragukan keberlangsungannya oleh sejumlah APM di Indonesia. Hal ini karena Indonesia masih berada di tengah pandemi Covid-19 sehingga dikhawatirkan minat masyarakat untuk datang ke pameran tidak sebanyak biasanya.

Kekhawatiran tersebut pun sebenarnya sangat masuk akal mengingat GIIAS 2020 batal terselenggara. Selain itu, GIIAS 2021 telah mengalami beberapa kali penundaan akibat adanya gelombang kedua Covid-19.

“Saat kami meminta izin, Ketika itu masih PPKM level 3, jadi banyak yang ragu-ragu apakah benar GIIAS 2021 bisa berlajan. Akibatnya ada juga beberapa APM yang tidak tampil di pameran karena mereka kurang yakin dengan kami. Ternyata kenyataannya berbeda karena pameran ini cukup sukses,” ungkap Yohannes Nangoi Ketua Umum Gaikindo di sela-sela penutupan GIIAS 2021.

Photo : Trenoto

Untungnya kekhawatiran tersebut tidak terjadi. Sepanjang GIIAS 2021, ICE BSD hampir selalu dipadati oleh pengunjung yang ingin melihat kendaraan-kendaraan terbaru. Bahkan di beberapa booth terjadi antrian yang cukup panjang.

Dengan banyaknya pengunjung, mantan Presiden Direktur Isuzu Astra Motor Indonesia ini pun berharap GIIAS 2021 bisa menjadi titik kebangkitan industri otomotif di Tanah Air. Terlebih, GIIAS 2022 akan diselenggarakan pada 11-21 Agustus tahun depan kembali ke waktu sebelum pandemi Covid-19 melanda Tanah Air.

Namun tercapai tidaknya harapan tersebut akan sangat ditentukan oleh banyak faktor, termasuk kondisi pandemi Covid-19 yang tidak pernah bisa diprediksi. Bila ternyata pada 2022 terjadi gelombang ketiga Covid-19, bukan tidak mungkin industri otomotif akan kembali terpuruk.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, GIIAS 2021 mengambil lokasi di ICE BSD, Tangerang, dengan memanfaatkan seluruh hall yang ada. Pameran ini diikuti oleh berbagai pabrikan, seperti Audi, BMW, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling.

Tak hanya menampilkan teknologi-teknologi terbaru, mereka bahkan juga memanfaatkan GIIAS 2021 sebagai lokasi untuk meluncurkan kendaraan baru. Toyota misalnya yang meluncurkan generasi ketiga dari Toyota Avanza. Kehadiran mobil tersebut berhasil menjadikan membuat booth Toyota tak pernah sepi pengunjung.

Tidak ubahnya seperti Mitsubishi yang menampilkan New Xpander, Hyundai dengan Creta dan masih banyak lagi. Berbagai suguhan produk baru menjadi magnet bagi masyarakat untuk menyambangai pameran otomotif tahunan ini.

GIIAS 2021 sendiri cukup ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah di Jabodetabek. Pada satu sisi, keramaian ini bisa memberikan dampak positif pada industri otomotif.

Namun di samping itu, padatnya pengunjung juga membuat khawatir banyak pihak. Hal ini dikarenakan beberapa negara tetangga mengalami gelombang ketiga covid-19.

Pameran yang diselenggarakan masih dalam masa pandemi juga tanpa laporan penjualan seperti pada biasanya. Tidak diketahui berapa total transaksi dari pameran yang sudah digelar secara rutin.

 

Artikel Terkait