TRENOTO – Meski menjadi event otomotif paling dekat dengan momen Lebaran, GJAW 2023 sepi pengunjung. Pameran yang diyakini dapat meningkatkan penjualan kendaraan di semester pertama ini tampaknya belum optimal.
Bahkan di akhir pekan sekalipun, pameran masih lengang sehingga masyarakat bisa leluasa melihat kendaraan. Bahkan di beberapa booth, jumlah tenaga penjual tampak lebih banyak ketimbang pengunjung.
“Biasanya akhir pekan ramai tetapi ini tidak, tetap sepi. Ya mudah-mudahan di hari terakhir bisa ramai karena baru berhasil SPK satu unit,” ungkap salah satu tenaga penjual dari Suzuki (18/03).
Hal senada juga disampaikan oleh salah satu tenaga penjual dari Mitsubishi. Pada hari terakhir, Minggu (19/03) Ia baru berhasil mendapatkan satu penjualan.
“Sepi padahal biasanya kalau akhir pekan setidaknya kami bisa mendapat beberapa data calon pelanggan. Sementara sekarang lebih sulit dan saya juga baru berhasil SPK 1 unit,” tambahnya kemudian.
Nama GJAW 2023 yang masih belum banyak dikenal masyarakat dianggap merupakan salah satu penyebab sepinya pameran. Padahal pihak penyelenggara sudah melakukan beragam cara untuk mempromosikan event.
Salah satunya adalah menggabungkan dunia otomotif dengan lifestyle lain seperti konser, fashion show hingga kuliner. Hasilnya pun diklaim cukup baik karena jumlah pengunjung berhasil meningkat pesat dibanding tahun lalu.
Hal tersebut disampaikan Kukuh Kumara, Sekretaris Jenderal Gaikindo setelah Closing Ceremony GJAW 2023. Tak tanggung-tanggung, jumlah pengunjung diklaim dua kali lebih besar dibanding penyelenggaraan sebelumnya.
“Sampai dengan Sabtu (18/03) siang, tercatat sudah terjadi kenaikan jumlah pengunjung yang signifikan. Hampir dua kali pencapaian GJAW tahun sebelumnya,” ungkapnya.
Perlu diketahui bahwa total pengunjung tahun lalu sebanyak 53.164 orang. Bila hari kesembilan berhasil meningkat dua kali lipat maka seharusnya sudah ada lebih dari 100.000 orang datang ke GJAW 2023.
Meski mengalami peningkatan signifikan tapi masih di bawah harapan awal pelaksanaan. Tercatat bahwa target visitors GJAW 2023 adalah sebesar 150.000 orang dan nilai transaksi sebesar Rp2.3 triliun.
Diharapkan pada hari terakhir target tersebut akan tercapai. Pasalnya para peserta pameran telah menyiapkan beragam promo menarik untuk dinikmati pelanggan serta menjanjikan unit bisa dipakai mudik Lebaran.
Selain itu guna menarik pengunjung lebih banyak, Trio Lestari, Rio Febrian dan Rizky Febian akan menggelar konser di plenary hall JCC. Sehingga diharapkan bisa menarik minat masyarakat untuk datang.
Meski berukuran lebih besar ala SUV mini, SUV mini Wuling meluncur dengan harganya yang setara LCGC
Honda Civic Type R Dibeli Banyak Orang Kaya di Indonesia yang umumnya sangat mengenali keunggulan kendaraan
Kemenko Marves beberkan penyebab mobil listrik sepi peminat bila dibandingkan dengan kendaraan konvensional
Kemajuan teknologi otomotif saat ini semakin pesat, namun hal ini tentunya tetap memiliki risiko tersendiri
Dalam rangka memberikan apresiasi kepada konsumen loyal, Honda TrackFEST sambangi sirkuit Mandalika, Lombok
Data konsumen Toyota di Asia dan Oceania dikabarkan bocor, ada nama pemilik hingga jenis kendaraannya
Penampilan Toyota C-HR terbaru tertangkap kamera dan terlihat sangat mirip dengan mobil konsep C-HR Prologue
Toyota Alphard generasi baru segera meluncur di Jepang bulan depan bersama dengan kembarannya Vellfire
SUV terbaru Mitsubishi bisa dipesan dan akan meluncur saat GIIAS 2023 dengan beragam pengembangan baru
Tampil lebih menarik dari generasi sebelumnya, Honda Civic Type R kebanjiran pesanan hingga melebihi alokasi