2 Mobil Listrik Toyota Meluncur, Saudara Baru bZ4X
25 April 2024, 12:59 WIB
Pabrikan ban asal Korea Selatan, Hankook Tire luncurkan ban khusus mobil listrik Toyota bZ4X untuk pasar Tiongkok
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Perusahaan ban asal Korea Selatan, Hankook Tire luncurkan ban khusus mobil listrik Toyota bZ4X untuk pasar China. Pabrikan bekerjasama dengan Toyota untuk mengembangkan portofolio suku cadang kendaraan listrik.
Untuk diketahui ada perbedaan antara ban mobil konvensional dan EV (Electric Vehicle) atau mobil listrik. Dikutip dari Insideevs, Senin (16/1) ban EV didesain dengan memfokuskan tingkat efisiensi.
Saat digunakan ban EV menawarkan rolling resistance yang lebih rendah dibandingkan mobil mesin bensin. Friksi lebih rendah memungkinkan kendaraan listrik untuk menggunakan lebih sedikit tenaga saat dipakai berkendara sehingga jarak tempuh maksimal bisa tercapai.
Heonjoon Kim, Wakil Presiden dan Direktur Kantor Pusat Inovasi Suku Cadang Global Hankook Tire memaparkan bahwa sebelumnya Hankook Tire juga terpilih sebagai penyedia suku cadang Toyota di China untuk model Camry 2018 dan Corolla 2020.
Di 2023 pihaknya akan mulai menjadi penyedia ban untuk mobil listrik bZ4X. Partisipasi Hankook mendukung suku cadang EV diharapkan dapat memaksimalkan potensi penuh teknik mobil tersebut saat dipakai.
Menurut Kim, mobil listrik memang terlihat serupa dengan mesin pembakaran namun ada karakteristik unik pada EV seperti bobot baterai yang ekstra serta torsi tinggi.
“Itu sebabnya mereka membutuhkan ban yang dioptimalkan untuk memenuhi persyaratan ini dan kami bangga telah membangun posisi yang baik di segmen ban EV,” ucap Kim dikutip dari keterangan resmi, Senin.
Diberi nama Hankook Ventus S1 evo 3 ev, ban akan tersedia dalam ukuran 235/60R18 dan 235/50R20. Pabrikan menyematkan ‘ex works’ untuk memaksimalkan efisiensi daya pada kendaraan.
Jika dibandingkan dengan ban konvensional ada peningkatan kinerja abrasi sebesar 45 persen serta pengurangan hambatan gulir hingga 30 persen. Ini didapat dari optimalisasi proses vulkanisasi yang dipakai dalam pengembangan senyawa ban.
Komponen ini juga disesuaikan dengan kebutuhan torsi penggerak tinggi saat menurunkan hambatan gulir. Ada karkas lapisan ganda dari serat berkinerja tinggi serta teknologi pengepakan bead-packing, menawarkan stabilitas tinggi dengan bobot rendah.
Terakhir ban juga dioptimalkan agar tidak bising. Dibandingkan dengan roda mobil konvensional, kebisingannya berkurang hingga tiga desibel.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
25 April 2024, 12:59 WIB
20 Maret 2024, 16:00 WIB
20 Maret 2024, 15:00 WIB
05 Maret 2024, 08:00 WIB
29 Januari 2024, 19:50 WIB
Terkini
26 April 2024, 21:00 WIB
Penjualan kendaraan listrik murni atau BEV tengah lesu, pabrik EV Hyundai akan mulai produksi mobil hybrid
26 April 2024, 20:00 WIB
Penjualan Suzuki Maret 2024 naik 14 persen dibanding bulan sebelumnya berkat XL7 Hybrid yang laris manis
26 April 2024, 19:25 WIB
Merujuk data dari rilis resmi KFA, gaji Pratama Arhan mencapai Rp 9 miliar atau setara dengan Hyundai Ioniq 6
26 April 2024, 19:16 WIB
Dua model hadir buat konsumen Indonesia, ini spesifikasi GAC Aion Y Plus yang bakal jadi rival BYD Atto 3
26 April 2024, 17:12 WIB
Hyundai Ioniq 6 direcall karena adanya kesalahan pemasangan baut dan bisa menyebabkan kerusakan lebih luas
26 April 2024, 17:04 WIB
Harga Vespa Rizky Ridho mulai Rp 30 jutaan saja, seperti ditemukan KatadaOTO di laman jual beli motor bekas
26 April 2024, 15:00 WIB
Dipakaikan tambahan bodykit bergaya offroad mirip Ford Ranger Raptor, ini inspirasi modifikasi Toyota Hilux
26 April 2024, 12:00 WIB
Hyundai akui kualitas timnas U23 setelah kalahkan Korea Selatan di perempat final Piala Asia U23 2024