Harga Mobil China Bekas Terjun Bebas Alasannya Klasik

ada beberapa alasan mengapa harga mobil China bekas terjun bebas bila dibandingkan dengan merk Jepang meski fiturnya lebih lengkap

Harga Mobil China Bekas Terjun Bebas Alasannya Klasik
Photo: Mobil123
  • Oleh Adi Hidayat

  • Jum'at, 11 Februari 2022 | 06:32 WIB

TRENOTO – Tidak bisa dipungkiri bahwa populasi mobil China di Indonesia kini sudah lebih banyak dibanding sebelumnya. Bahkan Wuling berhasil masuk 10 besar produsen mobil terlaris di Indonesia sepanjang 2021 lalu.

Namun keberhasilan mobil China, khususnya Wuling di pasar mobil bekas rupanya tidak secemerlang di pasar mobil baru. Hal ini diungkapkan oleh Adji, kepada dealer Mobil88 Buaran yang kami hubungi Kamis, (10/02).

Berdasakan pengamatannya, harga jual kembali mobil-mobil brand China terbilang lebih rendah bila dibandingkan pabrikan Jepang. Bahkan harga mobil China bekas smakin anjlok lagi bila kondisi kendaraan ternyata memiliki kekurangan seperti bekas tabrak dan sebagainya.

Photo : wuling

Ia pun menambahkan bahwa ada banyak alasan mengapa harga jual mobil China terbilang lebih rendah bila dibandingkan pabrikan Jepang. Adanya kekhawatiran masyarakat akan perawatan menjadi salah satu penyebab utama.

“Ada masalah after sales dan purna jualnya. Cari bengkel resmi serta sparepartnya masih susah,” ungkapnya.

Kondisi tersebut tentunya sangat disayangkan karena mobil China di Tanah Air saat ini memiliki komponen canggih sehingga perawatan tentu menjadi sebuah hal penting. Sebut saja Wuling Almaz yang memiliki beragam teknologi canggih seperti WISE (Wuling Interconnected Smart Ecosystem).

Tentu dengan adanya teknologi tersebut membuat tidak sembarang bengkel bisa melakukan perbaikan bila mobil mengalami kerusakan. Terlebih, usia brand yang masih muda membuat jaringan belum tersebar merata.

Kondisi ini jauh berbeda bila dibandingkan pabrikan Jepang karena sudah ada di Indonesia sejak lama. Selain bengkel resmi sudah tersebar di seluruh daerah, sparepart kendaraan pun terbilang cukup mudah untuk didapatkan dengan harga kompetitif.

Harga Wuling Almaz Bekas Anjlok

Photo : Mobil123

Salah satu mobil China kemudian tidak bisa mempertahankan harga jual kembali adalah Wuling Almaz. Berdasarkan situs resmi, Wuling Almaz RS Pro merupakan model tertinggi karena memiliki beragam teknologi terbaru dan dijual Rp391.2 juta.

Namun bila melihat situs mobil bekas, harganya hanya Rp336 juta atau turun Rp55.2 juta dari harga baru. Penurunan bisa dikatakan sangat signifikan mengingat mobil merupakan buatan 2021 dan baru digunakan sejauh 7.700 Km oleh pemilik lamanya.

Penurunan harga secara drastis tersebut tentunya harus menjadi pertimbangan tersendiri oleh calon konsumen. Terlebih bagi mereka yang mengharapkan depresiasi kendaraan rendah untuk memudahkan tukar tambah di masa depan.

Artikel Terkait