Harga Mobil Toyota Turun Kena Pajak Emisi, Alphard Anjlok Rp 446 Juta

Harga Mobil Toyota mengalami kenaikan dan penurunan setelah diresmikannya PPnBM yang berdasarkan emisi yang dihasilkan kendaraan

Harga Mobil Toyota Turun Kena Pajak Emisi, Alphard Anjlok Rp 446 Juta
Photo: Toyota

TRENOTO – Harga mobil Toyota mengalami perombakan setelah penerapan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) berbasis emisi. Adapun pajak baru ini diresmikan mulai 16 Oktober 2021.

Berdasarkan data yang diterima berbagai sumber, beberapa model Toyota mengalami penurunan harga. Bahkan pada model tertentu penurunannya mencapai nyaris setengah miliar.

Sekadar informasi, pemerintah menerapkan perhitungan pajak baru yang mencakup jenis sedan, MPV, minibus hingga sport. Aturan baru ini tidak memberikan dampak bagi mobil yang sebelumnya diberikan relaksasi PPnBM 100 persen.

Artinya konsumen yang hendak meminang mobil karena iming-iming relaksasi PPnBM 100 persen, masih bisa menikmatinya. Skema pajak berdasarkan emisi menyasar model lain seperti salah satunya Altis dan Camry dari jenis sedan.

Toyota Corolla Altis tipe G A/T yang sebelumnya dipasarkan Rp 495.950.000. Per 16 Oktober 2021 harga sedan legendaris tersebut turun sebesar Rp 57.650.000 menjadi Rp 438.300.000.

Artikel Terkait