Harga Toyota Naik Juli 2022, Kijang Innova dan Fortuner Ikut Kena

Sejumlah faktor penting membuat harga Toyota naik Juli 2022, tidak terkecuali Kijang Innova dan Fortuner

Harga Toyota Naik Juli 2022, Kijang Innova dan Fortuner Ikut Kena
Photo: Toyota Astra Motor

TRENOTO – Sejumlah faktor membuat harga kendaraan kembali mengalami kenaikan pada Juli 2022, tak terkecuali Toyota. Hal itu diungkapkan Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM).

"Jadi memang bulan Juli ini perlu ada antisipasi dengan kenaikan harga. Saya rasa enggak cuma Toyota (yang alami kenaikan harga)," kata Anton saat berbincang dengan awak media di Jakarta.

Dalam penjelasannya, Anton mengatakan bila inflasi yang terjadi saat ini memberikan dampak cukup besar pada industri otomotif. Adanya peningkatan biaya material dikatakan juga ikut menjadi salah satu faktor penyebab harga Toyota naik pada pertengahan 2022.

Photo : 123RF

"Kalau kita bicara harga dan material cost ini sangat meningkat. Memang banyak bad news untuk biaya, karena di negara Eropa seperi Rusia dan Ukraina atau produsen barang-barang metal seperti polladium alami kenaikan," ujarnya.

Selain itu, sejumlah wilayah yang menjadi basis komponen juga masih mengalami pembatasan. Karenanya distribusi terkait material kendaraan tak berjalan maksimal. 

"Kemudian masih banyak lock down di wilayah komponen contohnya di Shanghai dan Beijing," jelas Anton.

Melihat hal ini pabrikan mobil asal Jepang tersebut memiliki strategi khusus. Anton mengatakan pihaknya akan lebih dulu menaikan harga model kendaraan kelas atas dan completely build up (CBU).

Photo : Toyota Astra Motor

"Kalau memang kita terpaksa harus menaikkan harga, ya mungkin lebih banyak harga mobil untuk yang CBU atau mobil premium atau mobil-mobil yang medium. Tetapi kalau segmen yang kelas menengah ke bawah dan entry kita coba semaksimal mungkin dipertahankan dulu atau kenaikannya tidak banyak supaya mempertahankan kondisi pasar," tuturnya.

Saat disinggung soal kenaikan harga, Anton mengaku pihaknya masih belum bisa memberikan rincian terkait hal tersebut. Namun, Ia menegaskan bila Kijang Innova, Fortuner dan Alphard masuk dalam jajaran model yang mengalami kenaikan harga. 

"Ada detail perhitungan-perhitungan yang masih harus dilakukan. Jadi tanggal-tanggal awal bulan nanti akan diumumkan nilainya, tetapi memang pastinya cukup lumayan dibandingkan dengan kenaikan pada umumnya. Biasanya kan kenaikan itu terjadi di awal tahun," ujar dia.

Artikel Terkait