Hino Hadirkan Truk Listrik Kompak di GIIAS 2022

Sebagai gambaran kendaraan niaga masa depan, Hino Hadirkan Truk Listrik kompak di GIIAS 2022 dan simak keunggulannya

Hino Hadirkan Truk Listrik Kompak di GIIAS 2022
Photo: trenoto

TRENOTO – Sebagai gambaran kendaraan komersial masa depan, Hino hadirkan truk listrik kompak di GIIAS 2022 bernama Hino Dutro Z EV. Kehadiran model ini tentu untuk menunjukkan kesiapan teknologi truk listrik dari Hino.

Hino Dutro Z EV dilengkapi sumber tenaga baterai Lithium Ion dengan kapasitas 40 kWh yang kemudian diteruskan ke motor listrik. Hino mengklaim bahwa saat kondisi muatan penuh hingga 1 ton, truk listrik mereka dapat digunakan untuk jarak tempuh 100 km dan baterai bisa diisi kembali hingga penuh dalam waktu 1 jam.

Photo : trenoto

"Hino Dutro Z EV menggunakan tipe normal charging AC type 1 dengan waktu 5 jam atau quick charging DC CHAdeMo dengan waktu pengisian penuh hanya dalam 1 jam," kata  Masato Uchida, Presiden Direktur Hino Motors Sales Indonesia (HMSI)di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Selain itu, Hino Dutro Z EV disebut memiliki beragam keunggulan. Mulai dari sasis rendah yang diklaim dapat mempermudah akses keluar masuk barang dan juga pengemudi saat memasuki kabin. 

Kendaraan niaga listrik Hino ini dilengkapi juga dengan fitur-fitur keselamatan. Mulai dari Pre-Collision Safety (PCS) untuk memberi peringatan ketika kemungkinan terjadi tabrakan dari depan, electric parking brake juga clearance sonar yang dapat mendeteksi hambatan ketika mobil digas secara mendadak karena salah injak pedal. 

Selain itu terdapat erroneous start prevention function sebagai pencegahan kesalahan menekan pedal gas juga rem. Dan terdapat lane departure warning system (LDWS) yang merupakan sistem alat bantu keselamatan pada kendaraan yang dapat mendeteksi perpindahan jalur secara mendadak.

Photo : trenoto

Pada GIIAS 2022 Hino juga menampilkan jajaran produk andalan meraka lainnya. Menugusung Mengusung tema 40 Tahun Hino Indonesia, Past, Present, Future, HMSI menghadirkan Hino Ranger FM JD Minging Spec, bus Medium Euro4 terbaru GB 150 AT, Ranger FMX 280 Tractor Head dan Ranger FLX 280 JW (8X2).

Hino juga memperkenalkan produk konsep Hino Dutro 136 HDL 6x2 yang merupakan light duty truck pertamanya di Indonesia. Dan juga Hino200 Series yang memiliki panjang sekitar 3 meter plus dilengkapi dengan tentunya mesin EURO4 bertenaga 142 hp pada 3.400 rpm dipadu transmisi 5 percepatan.

Artikel Terkait