Honda Brio Terjual 450 Ribu Unit Dalam Satu Dekade

Pertama kalinya diperkenalkan pada 2012, Honda Brio terjual 450 ribu unit dalam satu dekade di Indonesia

Honda Brio Terjual 450 Ribu Unit Dalam Satu Dekade
Photo: HPM

TRENOTO – Memasuki usia satu dekade, Honda Brio terjual 450 ribu dan menjadikannya sebagai city car terlaris di Indonesia. Berbagai pencapain positif telah ditorehkan untuk kendaraan bertubuh mungil ini.

Diperkenal untuk pertama kalinya pada 2012 sebagai city car, Honda Brio merupakan unit yang diboyong dari Thailand. Mobil ini menyasar segmen anak muda dan pembeli pertama atau istilahnya first buyer.

Honda Brio memiliki keunggulan desain yang stylish juga tenaga terbesar di kelasnya. Selain itu Brio juga dibekali fitur keamanan lengkap di kelasnya.

Photo : HPM

Menjadi kendaraan terlaris karena hanya butuh waktu lima bulan, penjualannya mencapai 8 ribu unit.

Seiring dengan hadirnya program Low Cost Green Car (LCGC) dari Pemerintah, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengikutkan Brio sebagai salah satu pesertanya. Mereka juga memproduksi secara lokal untuk bisa memenuhi syarat yang ditetapkan.

Honda sendiri menunjukkan komitmen jangka panjang dengan menanamkan investasi senilai 1.2 triliun guna mengembangkan lokalisasi Brio. Investasi HPM terus dilanjutkan untuk melakukan pengembangan di masa depan sebesar Rp5.1 triliun.

Baca juga : Honda Setop Ekspor Brio ke Vietnam Karena Masih Euro4

Menggunakan nama Honda Brio Satya yang diproduksi di Karawang, Jawa Barat, mobil ini mengadopsi local purchase hingga 95 persen. Volume produksi kendaraan juga terus bertambah seiring dengan perkembangan zaman.

Pada 2016, Honda Brio Satya untuk pertama kalinya menggunakan transmisi CVT sebagai pilihan baru calon konsumen. Selain itu HPM juga memperkenalkan Brio RS sebagai varian tertingginya.

Honda Brio generasi kedua terlahir pada 2018 dan prestasinya juga terus menanjak. Kemudian pada 2020, untuk pertama kalinya kendaraan tersebut menjadi unit paling laris di Indonesia.

Photo : HPM

Satu tahun kemudian, Honda Brio Urbanite Edition meluncur dengan tampilan lebih gaya dan trendi. Berbagai penambahan aksesoris disematkan untuk memberikan nilai lebih pada kendaraan.

Terhitung sejak pertama kalinya diluncurkan pada 2012, Honda Brio telah terjual sebanyak 453.253 unit hingga saat ini. Pencapaian tersebut diklaim sebagai city car paling laris di Tanah Air.

“Honda Brio menjadi model terpenting bagi Honda karena merupakan mobil nasionalis. Kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya untuk seluruh konsumen,” ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM.

Artikel Terkait