Honda Civic Type R Limited Edition Cetak Rekor Baru

Tony D'Alberto mencetak rekor putaran terbaru dengan Honda Civic Type R Limited Edition di Australia

Honda Civic Type R Limited Edition Cetak Rekor Baru
Photo: Honda

TRENOTO – Menggunakan Honda Civic Type R Limited Edition, Honda Australia berhasil mencetak rekor putaran terbaru untuk penggerak roda depan. Merupakan produksi The Bend Motorsport Park (The Bend), mobil pabrikan Jepang ini mampu menorehkan waktu 2 menit 12,260 detik atau lebih cepat 2 detik dibandingkan rekor sebelumnya. 

Dikendarai Tony D'Alberto, rekor ini bukan pertama kalinya ia dapatkan. Bersama Type R, mantan pemenang Super2 dan Australian GT Endurance ini mampu memecahkan rekor lap. 

Sebelumnya, runner-up TCR Australia Series 2019 ini juga mampu mencatat rekor putaran 2 menit 14,316 detik dengan mobil Racing Blue 3 tahun lalu. 

"Kami sangat ingin memiliki kesempatan melakukan hal ini sebagai perpisahan yang pas untuk generasi Civic Type R. Seri FK8 Civic Type R sudah menjadi mobil yang luar biasa, terbukti sangat populer di kalangan publik, memenangkan banyak penghargaan dan membuat rekor putaran di seluruh dunia sejak diluncurkan pada tahun 2017," kata Stephen Collins, Honda Australia Director. 

Selain itu, pencapaian ini menjadi bukti kecepatan waktu yang mampu diraih Civic Type R seri FK8 generasi kelima. Sebelumnya, model ini juga berhasil mencetak rekor putaran di berbagai trek balap legendaris, seperti Nurburgring, Suzuka di Jepang dan Mount Panorama di Bathurst, Australia.

“Pembaruan model pada tahun 2020 membuat mobil ini menjadi lebih baik, dengan suspensi, rem, dan pendinginan mesin memastikan Civic Type R terus memberikan pengalaman berkendara yang paling memuaskan,” tambah Collins.

Terinspirasi beberapa trek balap di dunia, The Bend merupakan sirkuit dengan standar FIA Grade 2 dan FIM Kategori A terbaru di Australia. 
Memiliki panjang 4,95 kilometer, Sirkuit Internasional ini telah digunakan berbagai acara seri nasional, termasuk TCR Australia Series dan Supercars Championship.

Photo : Honda

TCR Australia Series

Putaran pembukaan Seri Supercheap Auto TCR Australia 2022 akan segera diadakan di Symmons Plains Raceway, Tasmania. Berlangsung 11 hingga 13 Februari 2022, D'Alberto akan ikut berkompetisi dengan mobil balap andalannya, Honda Civic Type R TCR #50. 

Menampilkan livery penghormatan berwarna kuning, mobil pabrikan berlambang huruf H tersebut tampil mencolok. Hal ini diharapkan mampu menarik perhatian dan merayakan keberhasilan yang diraih Civic Type R Limited Edition terkait rekor putaran. 

Artikel Terkait