Honda Civic Type R Terkencang Meluncur, Berpeluang Masuk RI

Honda Civic Typer R meluncur dengan sentuhan mesin lebih kencang dan tampilan lebih sporti dibandingkan sebelumnya

Honda Civic Type R Terkencang Meluncur, Berpeluang Masuk RI
Photo: Carscoops

TRENOTO – Honda Civic Type R versi terbaru akhirnya diluncurkan dan menjadi model paling kencang yang pernah dibuat. Generasi keenam mobil ini hadir dalam bentuk hatchback.

Tidak seperti edisi sebelumnya yang ditawarkan dalam beberapa pilihan model seperti sedan dan hatchback. Civic Type R 2023 sebelum resmi diluncurkan sudah dibarengi dengan berbagai isu terkait penggerak dan mesin.

Tersiar kabar sebelumnya bahwa Honda Civic Type R akan menggunakan sistem penggerak empat-roda atau all-wheel drive. Lalu adapula pihak yang menyebutkan kendaraan akan dibekali mesin hybrid serta dual-clutch transmission.

Photo : Carscoops

Namun saat diluncurkan, mobil cukup simpel dan seluruh kabar tersebut di atas tidak terjadi.

Mesin

Honda Civic Type R menggendong mesin K20 2.0-L turbo dan disandingkan dengan transmisi manual enam-percepatan. Jantung pacu kendaraan dikatakan lebih bertenaga daripada edisi sebelumnya.

Disebutkan bahwa mobil kencang berlambang H ini mampu menyemburkan daya 306 hp dan torsi 400 Nm. Dilansir Carscoops, versi Jepang memiliki daya mesin lebih besar.

Baca juga : Honda Civic Type R Limited Edition Cetak Rekor Baru

Daya tersebut disalurkan pada dua roda depan menggunakan LSD (Limited Slip Differential). Seperti edisi sebelumnya, Honda Civic Type R 2023 nampaknya akan diuji coba di berbagai sirkuit terkemuka di dunia.

Honda Civic Type R sendiri masih memegang rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Suzuka, Jepang.

Interior Mewah

Civic terkencang tersebut menggunakan beberapa komponen berbahan metal pada interior seperti generasi sebelumnya. Dasbor mobil ini menggunakan model civic generasi ke-11 dan layar 10.2 inci untuk infotainment.

Sebagai kendaraan dengan predikat terkencang, tentunya akan lebih bernilai bagi pemiliknya jika terdapat nomor pembuatan. Honda Civic Type R 2023 terdapat nomor pelat pembuatan yang disematkan pada dasbor.

Photo : Carscoops

Kendaraan diyakini mengalami penyusutan bobot dan rangkanya lebih rigid. Hal ini berfungsi untuk memberikan pengalaman berkendara lebih menyenangkan.

Urusan pengereman, menggunakan Brembo empat piston monoblok pada bagian depan. Sementara rodanya menggunakan diameter 19 inci yang lebih kecil dari sebelumnya untuk memangkas bobot.

Honda Civic Type R 2023 bukan tidak mungkin masuk ke Indonesia dan ditawarkan untuk para penggila kecepatan di Tanah Air.

Artikel Terkait