Honda CR-V Hidrogen Meluncur 2024

Honda CR-V Hidrogen meluncur 2024, FCEV sendiri masih langka saat ini karena terbatasnya infrastruktur.

Honda CR-V Hidrogen Meluncur 2024
Photo: Carscoops

TRENOTO – Honda akan perkenalkan mobil listrik CR-V plug-in FCEV (fuell cell electric vehicle) ke pasaran pada tahun 2024. Varian ini akan mengisi jajaran mobil listrik tenaga hidrogen yang masih langka di pasaran saat ini.

Honda CR-V hidrogen akan diproduksi di Honda Performance Manufacturing Center, Ohio, pabrik yang juga sebelumnya memproduksi Acura NSX.

Untuk diketahui, FCEV mendapatkan tenaga dari hidrogen dan oksigen melalui fuel cell stack. Keduanya dikombinasikan untuk menghasilkan air, di mana dalam prosesnya akan memproduksi listrik. Listrik tersebut kemudian digunakan untuk memberi tenaga ke motor listrik penggerak mobil.

Photo : Carscoops

Fuel cell stack tersebut menggantikan baterai seperti yang ada pada BEV (battery electric vehicle) dan PHEV (plug-in hybrid electric vehicle). Alih-alih mengisi daya kendaraan, pemilik mengisinya dengan hidrogen, mirip dengan pengisian bensin pada mobil konvensional.

Dikutip dari Carscoops, FCEV sendiri masih terbilang langka karena infrastruktur minim. Saat ini, sejumlah mobil FCEV seperti Toyota Mirai, Hyundai Nexo SUV, dan Honda Clarity Fuel Cell dijual terbatas di California, karena memiliki infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen yang memadai.

Untuk mengatasi hal tersebut Honda menyematkan opsi plug-in pada mobilnya. FCEV umumnya memiliki baterai berukuran kecil untuk memberikan tenaga ekstra saat akselerasi, namun CR-V FCEV nantinya akan dibekali dengan baterai ukuran lebih besar.

Baca juga: Honda Perkenalkan 2 Mobil Hybrid dan Small SUV RS di GIIAS 2022

Baterai tersebut nantinya bisa diisi daya dari sumber eksternal, sama seperti plug-in gas-electric hybrid Toyota Prius Prime. Bisa dikatakan, plug-in FCEV konsepnya sama dengan plug-in hybrid.

Rencananya Honda akan perkenalkan CR-V EV ini sebagai FCEV pertama yang dijual di Amerika Utara.

Di Indonesia Honda belum mulai memperkenalkan mobil listrik. Namun pada gelaran Gaikindo Indonesia Interanational Auto Show (GIIAS) 2022, Honda memamerkan varian hybrid dari CR-V dan Accord.

Kotaro Shimizu, President Director PT Honda Prospect Motor memaparkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus memperkenalkan model berbasis listrik lainnya. Ini merupakan bagian dari visi elektrifikasi Honda serta target penggunaan mobil listrik 100 persen di 2040.

Photo : Carscoops

“Sementara untuk mendukung terwujudnya visi elektrifikasi Honda di Indonesia, kami menampilkan berbagai model hybrid yang akan menjadi teknologi yang kami fokuskan saat ini sebagai transisi menuju era elektrifikasi,” ucap Shimizu.

Unitnya sendiri belum resmi dijual, hanya diperkenalkan saja. Namun pengunjung yang hadir pada pameran tersebut berkesempatan untuk mencoba unit CR-V Hybrid di area test drive 

Artikel Terkait