Honda N-Van EV Bakal Tantang DFSK Gelora E - Mobil Trenoto1

Honda N-Van EV Bakal Tantang DFSK Gelora E

Honda N-Van EV jika diperkenalkan di Indonesia harganya akan bersaing dengan Wuling Air ev, unitnya bakal meluncur tahun 2024

Honda N-Van EV Bakal Tantang DFSK Gelora E
Photo: Motor1

TRENOTO – Honda Motor Jepang turut meramaikan jajaran kendaraan elektrifikasi global dengan meluncurkan varian listrik dari van terdahulunya yakni N-Van. Baru-baru ini di Jepang unitnya diperkenalkan dengan keunggulan jarak tempuh hingga 200 km. 

Van listrik Honda ini diklaim cocok untuk penggunaan personal maupun komersial. Jarak tempuhnya memang terbilang sedikit namun ini mengingat terbatasnya area instalasi baterai pada mobil tersebut.

Bicara soal harga N-Van EV terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan para pesaingnya di pasar Jepang. Harganya dibanderol di kisaran 7.300 USD atau setara dengan Rp114.3 juta.

Pesaingnya sesama van listrik Nissan Sakura dan Mitsubishi eK X dibanderol dua kali lipat lebih tinggi yaitu 14.000 USD, setara Rp219.2 juta.

Photo : Carscoops

Untuk diketahui sebelumnya N-Van telah diperkenalkan kepada public di tahun 2018 sebagai kendaraan komersial. Ukurannya terbilang kecil dengan panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.950 mm dengan wheelbase 2.520 mm.

Meski meluncur sebagai kendaraan komersial unit ini juga diklaim cocok untuk pemakaian personal ataupun keluarga. Kabinnya terbilang lapang dengan kapasitas hingga empat penumpang.

Beralih ke dapur pacu Honda N-Van menggunakan mesin turbocharged tiga silinder dan bisa menghasilkan tenaga hingga 64 hp dan torsi 104 Nm.

Baca juga: DFSK Tawarkan Gelora E untuk Operasional KTT G20 di Bali

Mobil van tersebut tersedia dalam dua pilihan transmisi yakni manual dan CVT. Calon pembeli juga bisa memilih varian penggerak depan FWD (Front Wheel Drive) atau penggerak semua roda AWD (All Wheel Drive).

Jika masuk ke pasaran Indonesia N-Van EV nantinya bakal menyaingi van listrik yang telah meluncur di Indonesia lebih dulu yaitu DFSK Gelora E.

Dari segi harga Honda N-Van EV bisa bersaing dengan jajaran mobil listrik murah lainnya di Indonesia seperti Wuling Air ev. Mobil listrik mungil ini dijual di harga Rp200 jutaan – Rp300 jutaan.

Gelora E sendiri dibanderol di kisaran harga Rp484 juta sampai Rp582.1 juta. Harganya memang jauh lebih tinggi ketimbang N-Van namun kapasitasnya lebih lapang.

Photo : DFSK Indonesia

Mobil tersebut menggunakan baterai Lithium Iron Phosphate berkapasitas 42 kWh. Waktu pengisian dayanya bisa mencapai 8 jam jika menggunakan pengisi daya standar alias bukan quick charging.

Jika menggunakan mode quick charging dari kapasitas baterai 20 persen butuh waktu 80 menit untuk mencapai 80 persen. Sedangkan pengecasan dari 0 persen sampai ke 100 persen waktunya adalah 2.5 jam.

Artikel Terkait