Honda Setop Ekspor Brio ke Vietnam Karena Masih Euro4

Vietnam yang telah mengadopsi standar emisi lebih tinggi, Honda setop ekspor Brio menuju negara tersebut

Honda Setop Ekspor Brio ke Vietnam Karena Masih Euro4
Photo: Trenoto

TRENOTO – Meskipun menjadi tulang punggung di Indonesia, Honda setop ekspor Brio ke Vietnam. Hal ini dilakukan karena spesifikasi standar gas buang tidak memenuhi aturan di negara bekas jajahan Perancis tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Yusak Billy, Sales Marketing & Business Innovation Director PT HPM (Honda Prospect Motor) di ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2022 beberapa waktu lalu. Padahal mobil tersebut merupakan kendaraan terlaris Honda di Indonesia.

“Vietnam sudah menggunakan spesifikasi Euro 5. Padahal di Indonesia, Honda Brio masih memiliki standar Euro 4 sehingga sudah tidak sesuai lagi dan akhirnya kami hentikan ekspor sejak 2021,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Photo : Trenoto

Ia pun menambahkan bahwa banyak yang harus dilakukan bila harus menyesuaikan kebutuhan Vietnam. Padahal belum tentu nilai ekonominya dapat tercapai sementara ekspor Honda Brio hanya ke Vietnam dan Filipina.

Di Indonesia, Brio berhasil menjadi model terlaris Honda sepanjang semester 1 2022 dengan angka penjualan pada sebesar 53.910 unit. Jumlah tersebut naik 9 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa Honda Brio di Indonesia dilengkapi oleh mesin berkapasitas 1.199 SOHC 4-silinder i-VTEC. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 hp pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm di 4.800 rpm.

Besarnya tenaga tersebut kemudian disalurkan pada 2 roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan atau CVT. Tentu semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Terakhir kali HPM melakukan pengembangan pada April 2022 melalui varian baru yaitu RS Urbanite Edition. Mobil tersebut menggunakan beberapa aksesoris seperti Front Under Spoiler,  Rear Under Spoiler lengkap dengan Diffuser, Black Side Under Spoiler serta Black Side Door Mirror yang dilengkapi LED Turning Signal dan Black Door Handle.

Photo : Honda

Selain itu, Honda juga sudah memasangkan beberapa fitur menarik mulai dari head unit 6.2 inci Touchscreen Display Audio, Audio Steering Switch, Tweeter Speaker hingga ECO Assist. Untuk keselamatan pabrikan membenamkan Dual Front i-SRS Airbags, struktur rangka G-CON + ACE dan sistem pengereman ABS + EBD.

Harga Honda Brio 2022

  • Satya S MT : Rp156.9 juta
  • Satya E MT : Rp170.5 juta
  • Satya E CVT Rp186.4 juta
  • RS MT : Rp217.1 juta
  • RS CVT : Rp227.1 juta
  • RS Urbanite Edition MT Rp226.9 juta
  • RS Urbanite Edition CVT Rp236.9 juta

Artikel Terkait