Honda Tahan Harga Mobilio Tanpa PPnBM DTP, Ini Penyebabnya

Harga Mobilio tidak dinaikkan meskipun sudah tidak mendapatkan relaksasi PPnBM DTP pada Januari 2022

Honda Tahan Harga Mobilio Tanpa PPnBM DTP, Ini Penyebabnya
Photo: HPM

TRENOTO – PT Honda Prospect Motor (HPM) mempertahankan harga Mobilio meskipun sudah tidak mendapatkan relaksasi PPnBM DTP. Low MPV tersebut tetap dipasarkan meskipun jumlahnya tidak sebanyak para kompetitornya.

Seperti diketahui relaksasi PPnBM DTP sudah berakhir pada 31 Desember 2021. Tanpa adanya keringanan tersebut, para pabrikan kembali menaikkan harga jual mobil-mobilnya.

HPM sendiri tercatat memiliki beberapa produk yang mendapat keringanan seperti Honda Brio RS, Mobilio, HR-V hingga CR-V. Namun pada awal 2022, seluruh model tersebut kembali normal kecuali Mobilio.

Hal ini menarik karena belakangan Low MPV tersebut kerap menjadi perbincangan. Penjualan Mobilio terus mengalami penurunan seiring perkembangan zaman dan bersoleknya para kompetitor.

Honda Mobilio yang ada saat ini merupakan VIN 2021. Jadi kami tidak menaikkan harganya karena masih mendapatkan PPnBM DTP,” ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM di kawasan Ungaran, Jawa Tengah (11/01/2022).

Honda Mobilio dikatakan pada Desember 2021 hanya terjual sebanyak 450 unit saja. Bahkan pada November penjualannya hanya mencapai 145 unit saja.

Spekulasi masa depan Low MPV Honda menjadi pertanyaan banyak pihak. Apakah mobil tersebut akan mendapat penyegaran atau bahkan disuntik mati.

Photo : Honda

Bahkan Honda Mobilio harus mengalah pada Brio yang pasarnya lebih gemuk, karena kelangkaan cip semikonduktor. HPM terkesan mengorbankan Mobilio untuk bisa mengurangi inden pada Brio.

Selain Brio, Honda Indonesia juga memiliki produk terbaru yang mendapat ubahan maksimal yakni all new BR-V. Pabrikan mobil asal Jepang tersebut juga mengatakan pihaknya tengah fokus dalam memasarkan Low SUV andalan barunya.

Meskipun diterpa isu disuntik mati, pihak HPM menyatakan bahwa Mobilio akan tetap diproduksi. Namun sekali lagi belum dikatakan rencana ke depan pada produknya itu.

Ditambah lagi dengan diperkenalkannya mobil konsep berjenis SUV yakni RS Concept pada GIIAS 2021. Tidak hanya dalam satu kesempatan, Honda Indonesia juga berencana untuk memamerkan pada masyarakat di berbagai kota besar di Tanah Air.

Hal ini semakin mengerucutkan bahwa Honda Mobilio akan disuntik mati. Meskipun kabar ini terus disangkal oleh pihak HPM.

Artikel Terkait