Honda WR-V Raih Lima Bintang ASEAN NCAP

Small SUV Honda WR-V raih lima bintang program keselamatan ASEAN NCAP, unit yang dites merupakan varian tertinggi

Honda WR-V Raih Lima Bintang ASEAN NCAP
Photo: ASEAN NCAP

TRENOTO – Aman bisa jadi kata yang tepat untuk mendeskripsikan Small SUV terbaru dari Honda. Hal ini dibuktikan dari hasil tes keselamatan ASEAN N-CAP Honda WR-V.

Memiliki desain kompak dan menarik, Honda juga menyematkan beragam fitur keselamatan mumpuni termasuk Honda Sensing untuk varian paling atas.

Tes tersebut melibatkan uji tabrak depan, samping serta evaluasi fitur-fitur keamanan yang disematkan pada mobil.

Varian tertinggi dari Honda WR-V raih lima bintang ASEAN NCAP dengan total skor 77.07 dari 100. Pada varian tersebut Honda sudah menyematkan 6 airbag dengan rincian dua titik di depan, dua di samping dan sepasang di area curtain.

Sejumlah fitur keselamatan pada mobil ini di antaranya Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), sistem pengereman ABS + EBD + BA hingga Emergency Stop Signal.

Photo : HPM

Sedangkan Honda Sensing meliputi beberapa sistem keselamatan termasuk Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation, Adaptive Cruise Control, Lead-Car Departure Notification dan Auto High-Beam.

Ada beberapa hal yang memungkinkan WR-V memperoleh penilaian keamanan lima bintang yakni kemampuannya untuk meminimalisir efek saat terjadi kecelakaan. Pada test keamanan dewasa unitnya mampu meraih skor 27.41 dari total 32 poin.

Hasil tes tersebut juga menunjukan bahwa WR-V dapat menyediakan perlindungan baik pada bagian depan maupun samping. Sedangkan di test keamanan untuk anak-anak skornya adalah 42.79 dari total 51 poin.

Baca juga: First Drive Honda WR-V, Tetap Menyenangkan Walau Tanpa Turbo

Sekedar informasi Honda WR-V meluncur di Indonesia pada November 2022 berstatus world premiere. Crossover ini memiliki banyak kesamaan dengan All New BR-V mengingat basis, mesin dan transmisi yang digunakan sama.

Bicara soal dapur pacu WR-V menggunakan mesin L15ZF berkapasitas 1.498 cc, 4 silinder DHOC i-VTEC. Konfigurasi ini bisa menghasilkan tenaga 119.3 hp pada 6.600 rpm, torsi maksimum 145 Nm di 4.300 rpm.

Menggunakan penggerak roda depan atau FWD (Front Wheel Drive), WR-V hanya tersedia dalam opsi transmisi otomatis CVT.

Honda menghadirkan tiga varian untuk WR-V yakni E CVT, RS CVT dan varian tertingginya yakni RS CVT with Honda Sensing.

Photo : HPM

Daftar harga Honda WR-V Januari 2023

  • WR-V 1.5L E CVT, Rp279.4 juta
  • WR-V 1.5L RS CVT, Rp297.4 juta
  • WR-V 1.5L RS with Honda Sensing, Rp317.4 juta

Artikel Terkait