Hyundai Ioniq 5 Jadi Mobil Dinas Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah mendapatkan mobil dinas baru yaitu Hyundai Ioniq 5 yang merupakan kendaraan listrik

Hyundai Ioniq 5 Jadi Mobil Dinas Ganjar Pranowo
Photo: @ganjar_pranowo

TRENOTO – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah resmi menjadikan Hyundai Ioniq 5 sebagai mobil dinas dari Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. Kendaraan rakitan pabrik di Bekasi, Jawa Barat ini diharapkan bisa menjadi penggerak masyarakat untuk mulai menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Menurutnya EBT adalah masa depan. Ia pun menargetkan untuk bisa menggunakan EBT hingga 21 persen dari total kebutuhan energi Jawa Tengah pada 2025.

“Dalam rangka menuju target itu, kita genjot terus infrastruktur dan sosialisasi agar bukan cuma di lingkup pemerintahan saja yang memanfaatkan tapi juga masyarakat. Salah satunya lewat mobil listrik,” tegas Ganjar.

Photo : Hyundai

Penggunaan mobil listrik di pemerintah provinsi Jawa Tengah sendiri akan terus dikembangkan. Hanya saja realisasinya akan dilakukan secara bertahap sembari mencari rekanan.

“Kami akan mulai, tahun ini dinas ESDM yang lebih dulu. Nanti ada rencana dari dinas-dinas untuk menggunakan mobil listrik, tinggal cari partner,” ungkapnya.

Hyundai Ioniq 5 sendiri merupakan kendaraan listrik pertama Hyundai yang dirakit lokal di Indonesia. Tampilannya memiliki karakter tajam pada sisi depan berkat hadirnya Parametric Pixel LED Headlamps dan Front Center Garnish Hidden LED.

Desain samping juga tak kalah menarik untuk disimak. Pasalnya Hyundai Ioniq 5 telah dilengkapi oleh door handle rata dengan bodi serta pelek berukuran 20 inci sehingga membuatnya tampil lebih fituristik.

Pada kabin, mata akan langsung dimanjakan oleh dashboard berdesain modern. Layar berukuran besar berhasil menarik perhatian terlebih bisa disambungkan menggunakan Apple CarPlay.

Photo : Trenoto

Sedangkan untuk kenyamanan, Hyundai telah menyematkan beragam fitur menarik termasuk Bose Premium Soundsystem. Berkat audio system ini pelanggan dapat menikmati lantunan suara yang lebih jenih dan premium.

Hyundai telah memasangkan baterai berkapasitas 58 kWh untuk tipe Standard Range. Bila dalam kondisi penuh maka dapat melaju hingga 384 km.

Sementara untuk Long Range, kapasitas baterainya lebih besar yaitu 72.6 kWh. Dengan besarnya kapasitas tersebut maka mobil bisa melaju hingga 451 km.

Penerimaan masyarakat terhadap Hyundai Ioniq 5 pun sangat baik. Hal ini terlihat saat GIIAS 2022 yang berhasil meraih sebanyak 399 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

Artikel Terkait