Hyundai Ioniq 5 Raih Gelar World Car Of The Year 2022

Dinilai banyak keunggulan, Hyundai Ioniq 5 raih gelar World Car of the Year dalam ajang World Car Awards 2022

Hyundai Ioniq 5 Raih Gelar World Car Of The Year 2022
Photo: Trenoto

TRENOTO – Hyundai Ioniq 5 berhasil mendapatkan World Car of the Year di ajang World Car Awards 2022. Anugerah tersebut melengkapi 2 gelar lain yaitu World Electric Vehicle of the Year dan World Car Design of the Year pada ajang yang sama.

Gelar yang didapatkan Hyundai Ioniq 5 ini tentunya tidaklah sembarangan. Penilaian dilakukan oleh 102 wartawan otomotif dari 33 negara dengan beberapa metode sebagai bagian dari pekerjaan mereka.

“Kami merasa terhormat untuk menerima penghargaan yang mengakui bakat serta kerja keras semua orang di Hyundai Motor Company. Ioniq 5 mewakili pencapaian kami karena mempelopori generasi baru solusi mobilitas cerdas,” ungkap Jaehoon Chang, President & CEO Hyundai Motor Company.

Photo : TrenOto

Untuk World Car of the Year, juri mengawalinya dengan 28 mobil kemudian dipilih 3 finalis dan Hyundai Ioniq 5 dinilai sebagai yang terbaik. Agar memenuhi syarat untuk kategori tersebut, mobil harus diproduksi setidaknya 10.000 unit per tahun serta dijual di 2 pasar utama pada 2 benua antara 1 Januari 2021 – 30 Maret 2022.

Sementara untuk World Electric Vehicle of the Year, setidaknya ada 11 mobil listrik yang dinilai kemudian dipilih 3 finalis. Penilaian pada kategori ini mobil harus dibekali setidaknya 1 motor listrik, diproduksi mininal 3.000 unit per tahun dan dijual di 2 pasar utama pada 2 benua antara 1 Januari 2021 hingga 30 Maret 2022.

Sedangkan penilaian World Car Design of the Year 2022 dilakukan dengan sedikit berbeda karena melibatkan pakar desain dunia. Mereka diminta untuk meninjau semua kandidat kemduan membuat daftar rekomendasi untuk pemungutan suara akhir juri pada bulan Februari.

Hyundai Ioniq 5 memiliki desain futuristik, jauh berbeda bila dibandingkan desain kendaraan konvensional. Mobil juga sudah dilengkapi Parametric Pixel LED Headlamps dan Front Center Garnish Hidden LED untuk membuat jarak pandang pengemudi terjaga meski dalam gelap.

Photo : TrenOto

Bergerak ke samping, Ioniq 5 sudah menggunakan door handle yang rata dengan bodi sehingga memberi kesan modern. Sementara pada bagian belakang, Hyundai sudah memberikan combination lamp untuk membuatnya lebih menarik.

Mobil yang untuk pasar Tanah Air akan diproduksi di Bekasi ini dilengkapi baterai berkapasitas 72.6 kWh dan rencananya akan ditingkatkan menjadi 77.4 kWh. Berkat peningkatan itu maka Hyundai Ioniq 5 mampu berjalan sejauh 490 km dengan 1 kali pengisian daya, meningkat dari sebelumnya yaitu 423 km.

Keunggulan lain adalah cepatnya pengisian daya baterai. Hyundia mengklaim untuk mengisi daya dari 10 sampai 80 persen, pemilik kendaraan hanya membutuhkan waktu 18 menit.

Artikel Terkait