Hyundai Ioniq 6 Datang untuk Tenggelamkan Tesla

Hyundai Ioniq 6 tampil dengan desain unik serta sederhanya namun tetap memiliki karakter sporti yang menarik perhatian

Hyundai Ioniq 6 Datang untuk Tenggelamkan Tesla
Photo: Carscoops

TRENOTO – Tidak bisa dipungkiri bahwa Hyundai memang merupakan salah satu produsen yang unggul di segmen kendaraan listrik. Setelah sebelumnya mereka berhasil meraih World Car of The Year melalui Hyundai Ioniq 5, kini pabrikan asal Korea Selatan kembali memamerkan calon model terbaru mereka.

Model tersebut adalah Hyundai Ioniq 6, sedan dengan desain eksterior yang­­ dibuat sedemikian rupa agar mengoptimalkan aerodinamika kendaraan. Tak ada garis-garis tegas pada mobil umumnya namun karakternya tetap terasa berani dan sporty.

Hyundai pun mengatakan bahwa mobil memiliki koefisien drag kecil berkat sisi depan yang dibuat rendah dan penggunaan active air flaps. Spoiler belakang juga diklaim berhasil membuat aerodinamika lebih optimal.

Photo : Carscoops

Masuk ke dalam kabin, desain futuristik dari Ioniq 6 juga tetap bertahan. Mobil ini telah menggunakan desain yang dikembangkan agar berpusat pada penggunanya sehingga terasa ergonomis.

Guna membuatnya terasa lebih mewah, beberapa fitur telah disematkan. Yang paling mudah terlihat adalah mobil ini sudah menggunakan layar serta digital cluster dengan ukuran masing-masing 12 inci.

Tak hanya itu, Hyundai juga sudah menambahkan dual color ambient lighting untuk memberi penerangan. Pengguna bisa memilih 64 spektrum warna dan enam tema warna ganda agar penumpang bisa merasa santai serta nyaman.

Untuk penyimpanan daya listrik, Hyundai akan membekali Ioniq 6 dengan baterai berkapasitas 53 kWh dan motor listrik di belakang. Meski tidak disampaikan secara resmi, tapi diperkirakan motor listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 215 hp.

Photo : Carscoops

t

Namun, kemungkinan Hyundai juga tetap akan memberikan pilihan long range dengan baterai berkapasitas 77.4 kWh. Berkat ini mobil bisa digunakan untuk menempuh perjalanan sejauh 610 km.

Tipe Long Range akan menggunakan sistem penggerak all-wheel drive dengan 2 motor listrik sebagai penggerak utama. Kombinasinya menghasilkan tenaga 320 hp, torsi 605 Nm serta menempuh kecepatan 100 km per jam dalam waktu 5.1 detik.

Pengisian daya juga sudah mendapat pengembangan karena sudah ada 2 pilihan yaitu 400V dan 800V. Khusus untuk 800V, ini adalah hasil pengembangan baru karena dapat mengisi daya lebih cepat.

Artikel Terkait