Hyundai Jawab Tudingan Stargazer Mirip Xpander

Hyundai menampik anggapan bahwa desain Stargazer mirip Xpander dan memastikan bahwa produknya lebih baik

Hyundai Jawab Tudingan Stargazer Mirip Xpander
Photo: Trenoto

TRENOTO – Perkembangan desain Low MPV (Multi Purpose Vehicle) di Indonesia memang terbilang cukup menarik untuk disimak. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir pabrikan berupaya untuk menampilkan mobil berdesain sporty dan mirip SUV.

Salah satunya adalah Hyundai yang menghadirkan Stargazer dengan desain futuristik dan berbeda dibandingkan mobil lainnya. Hal ini memang menjadi salah satu ciri dari desain baru Hyundai di dunia.

Bila dilihat secara umum maka tampilan Hyundai Stargazer memang menyerupai Staria yang merupakan MPV premium mereka. Namun bila diperhatikan lebih lanjut, ada beberapa bagian justru mirip dengan kompetitornya yaitu Mitsubishi Xpander.

Photo : Trenoto

Pada sisi depan, kemiripan terlihat pada desain lampu yang menyerupai bahasa desain dynamic shield milik Mitsubishi Xpander. Hanya saja, ukuran lampu pada Hyundai Stargazer dibuat lebih besar.

Sementara bergerak ke samping, kemiripan terlihat pada desain kaca baris ketiga serta garis aerodinamika di buritan. Tidak heran bila banyak yang menilai bahwa Hyundai Stargazer cukup terinspirasi dari kompetitornya.

Simon Loasby, Head of Hyundai Style Hyundai Motor Company pun memiliki pandangan berbeda. Menurutnya, desain Hyundai Stargazer benar-benar berbeda dan bahkan dua langkah di depan kompetitornya.

Photo : Hyundai

“Ketika melihat Hyundai Stargazer dan Mitsubishi Xpander berdampingan, maka akan telihat bahwa kami punya kualitas maupun desain unik. Jadi kami sangat percaya diri dengan desain Hyundai Stargazer,” tegasnya.

Meski demikian ia mengakui bahwa desain adalah urusan selera sehingga tidak bisa disandingkan satu sama lain. Akan tetap ada orang yang sangat menyukai tampilannya namun ada pula kurang mengapresiasi.

“Mungkin ada yang tidak menyukainya namun ada pula pecintanya. Kami pun yakin akan ada lebih banyak yang menyukai desain ini dan mereka mengerti bahwa Hyundai Stargazer memang berbeda dengan kompetitornya,” tegasnya.

Hyundai Stargazer akan menjadi penantang baru di segmen low MPV dan bersaing dengan Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander hingga Suzuki Ertiga. Selain desain unik, mereka juga telah menyematkan beberapa keunggulan lain pada kendaraan.

Tak hanya sisi eksterior, Hyundai juga sudah melakukan pengembangan kabin agar sesuai kebutuhan masyarakat. Di baris pertama, sebuah Head Unit Audio berukuran 8 inci telah disematkan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Pabrikan asal Korea Selatan ini juga telah memasangkan fitur unggulan mereka yaitu Bluelink. Berkat fitur tersebut maka pemilik bisa menghubungi pusat bantuan Hyundai saat menghadapi kondisi darurat seperti kecelakaan.

Artikel Terkait