Hyundai MobED, Robot Roda Empat Serbaguna

Hyundai MobED dikenalkan untuk memudahkan tugas manusia sehari-hari hingga industri sebagai robot pintar

Hyundai MobED, Robot Roda Empat Serbaguna
Photo: Antara

TRENOTO – Hyundai mengenalkan Mobile Eccentric Droid (MobED) yang merupakan robot roda empat dan dirancang untuk membawa barang. Robot ini dikembangkan untuk membantu manusia dan kecepatan maksimalnya 30 km/jam.

Dikutip Antara dari Gizmochina, Hyundai MobED pertama kalinya dipamerkan pada ajang CES (Consumer Electronics Show) pada Januari 2021. Kini perusahaan asal Korea Selatan tersebut memamerkannya kembali dengan sejumlah pengembangan.

Beberapa detail dikembangkan untuk benar-benar bisa memudahkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. MobED dirancang untuk membawa paket sehari-hari, hebatnya lagi bisa membawa manusia.

Dimensi MobED adalah 67 x 60 cm dengan menggunakan empat ban pneumatik 12 inci. Ban dikatakan dapat diatur secara independen dan dibekali suspensi yang kokoh.

Layaknya sebuah mobil, robot pintar ini dijejali suspensi kokoh dan dapat mengakomodir sudut kemiringan medan jalan. Sehingga bisa menjaga level barang saat menavigasi melalui permukaan sudut seperti tanjakan atau lereng.

Bak cerita animasi, robot dirancang untuk melayani manusia di rumah sebagai asisten pribadi. Selain itu, juga bisa dimanfaatkan untuk industri sebagai pembawa barang.

Dikatakan bahwa Hyundai berencana untuk memasarkan MobED ke berbagai mitra industri. Selanjutnya robot tersebut diharapkan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelaku industri.

Seperti disebutkan di atas sebelumnya, MobED bisa dimanfaatkan untuk memudahkan manusia. Salah satunya adalah membantu mobilitas orang tua atau cacat fisik sehingga sangat memudahkan.

Lebih jauh, robot ini bisa diandalkan sebagai kerreta dorong atau kendaraan rekreasi yang menyenangkan. Bentuknya simpel namun memiliki banyak kegunaan sehingga akan bisa menolong banyak orang.

MobED mengandalkan baterai untuk melakukan tugasnya. Sementara baterainya sendiri hanya mampu bertahan selama empat jam dari kondisi penuh.

Hyundai sampai sekarang, masih belum merilis harga dari MobED dan kapan akan mulai dipasarkan. Bukan tidak mungkin produk tersebut akan menyapa masyarakat di Tanah Air.

Sayangnya daya jelajahnya terbilang masih kurang, karena untuk membawa beban berat tentunya akan dibutuhkan lebih banyak daya. Dengan kemampuan jelajah yang ditingkatkan, maka produk ini benar-benar bisa membantu kinerja manusia dan industri pada khususnya.

Artikel Terkait