Hyundai Siap Hadirkan Mobil Listrik Murah, Intip Bocorannya

Terus melakukan inovasi terkait kendaraan ramah lingkungan, Hyundai siap hadirkan mobil listrik murah untuk pasar India

Hyundai Siap Hadirkan Mobil Listrik Murah, Intip Bocorannya
Photo: 123RF

TRENOTO – Menjadi salah satu perusahaan yang mengembangkan kendaraan ramah lingkungan, Hyundai Motor Co kabarnya tengah mempersiapkan mobil listrik (EV) kecil untuk pasar otomotif India .

Tarun Garg selaku Direktur Penjualan Pemasaran dan Layanan Hyundai India menegaskan bila pihaknya tengah mengembangkan jaringan mobil listrik seperti ekosistem pengisian daya, jaringan penjualan, manufaktur dan proses perakitan mobil.

"Kami harus melihat sebanyak mungkin lokalisasi," kata Garg dikutip dari Reuters pada Minggu, mengacu pada sumber dan produksi komponen secara lokal untuk mengendalikan biaya dan menjaga mobil tetap terjangkau,” kata Garg.

Photo : 123RF

Meski demikian, perusahaan otomotif asal Korea Selatan itu enggan mengomentari terkait waktu peluncuran dan kisaran harga yang tepat.

"Sehingga kami dapat membawanya dengan harga yang tepat pula. Ekosistemnya harus siap, kita harus memiliki cukup pengisian," tegasnya.

Mobil listrik dengan harga terjangkau adalah bagian dari rencana Hyundai terkait kendaraan listrik. Tak heran pihaknya berani menginvestasikan dana hingga 40 miliar rupee atau setara Rp7.6 triliun untuk meluncurkan enam kendaraan listrik di India pada 2028.

Khusus negeri Bollywood, kendaraan listrik saat ini hanya mampu menyumbang kurang dari 1 persen dari total penjualan mobil. Namun, pemerintah menargetkan kontribusi 30 persen pada 2030. Hal ini dilakukan untuk mengurangi polusi udara dan impor bahan bakar minyak (BBM).

Photo : Hyundai



Sebelum masuk ke kendaraan listrik murah, Hyundai telah menyiapkan sejumlah mobil bertenaga baterai salah satu yang menarik perhatian ialah Ioniq 5. Meluncur tahun ini,  mobil tersebut memiliki jangkauan hingga 480 km. 

"Ketika itu tentang mobil dengan mesin pembakaran internal (ICE), kami memiliki pendekatan bottom-up. Dalam listrik, kami mencoba pendekatan top-down," katanya.

Sebagai informasi, Hyundai Ioniq 5 telah lebih dulu meluncur di Indonesia. Menjadi kendaraan listrik pertama dari Hyundai yang telah menggunakan Electric - Global Modular Platform (E-GMP), pengendara bisa mendapatkan berbagai fasilitas termasuk peningkatan fleksibilitas, performa berkendara, peningkatan jangkauan  berkendara, penguatan fitur keselamatan, dan lebih banyak ruang interior untuk penumpang dan bagasi.

Berikut harga Hyundai Ioniq 5 on the road DKI Jakarta

  • Ioniq 5 Prime Standard Range Rp718 juta
  • Ioniq 5 Prime Long Range Rp759 juta 
  • Ioniq 5 Signature Standard Range Rp779 juta
  • Ioniq 5 Signature Long Range Rp829 juta 

Artikel Terkait