IEMS 2022 Resmi Dibuka Demi Percepatan Era Kendaraan Listrik

IEMS 2022 resmi dibuka oleh menteri perhubungan dan mengenalkan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air

IEMS 2022 Resmi Dibuka Demi Percepatan Era Kendaraan Listrik
Photo: Trenoto
  • Oleh Adi Hidayat

  • Kamis, 29 September 2022 | 19:44 WIB

TRENOTO – Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 resmi dibuka Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Acara yang di inisiasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini dihelat di Jakarta Convention Center (JCC) mulai 28 September hingga 30 September 2022.

Penyelenggaraan pun diklaim akan menunjukkan beragam inovasi kendaraan listrik. Tidak hanya dari pabrikan karena peneliti dan mahasiswa juga menunjukkan karya mereka.

“Saya apresiasi peneliti serta pabrikan yang secara aktif melakukan kegiatan. Ini artinya kita sudah maju pada tahapan kendaraan electric vehicle,” ungkap Menhub.

Photo : Wuling Motors

IEMS merupakan upaya BRIN untuk mendorong percepatan program kendaraan listrik nasional. Ini adalah pameran khusus ekosistem dan infrastruktur dengan menghadirkan berbagai inovasi teknologi electric vehicle baik roda dua, roda empat, charging station, baterai serta industri pendukung lain.

IEMS 2022 merupakan salah satu bentuk dukungan dari BRIN bersama stakeholders terkait serta produsen kendaraan listrik di Tanah Air dalam menginformasikan perkembangan berbagai inovasi terbaru,” tegas Laksana Tri Handoko, Kepala BRIN dalam sambutannya.

Menurutnya pengembangan dilakukan untuk memenuhi Prioritas Riset Nasional (PRN) Kendaraan Listrik 2020-2024 yang berfokus pada penguasaan teknologi otonom. Mulai dari sistem deteksi objek atau sensor, sistem telekomunikasi, human to vehicle interaction dan computer vision.

Photo : Wuling motors

“Pengembangan di era sebelumnya difokuskan pada penguasaan teknologi komponen kunci, seperti motor listrik, baterai, control system/power electronics, platform dan charging system,” jelas dia.

Ajang IEMS 2022 juga dimanfaatkan sejumlah pabrikan untuk mengenalkan produk mereka. Wuling Motors misalnya, mengenalkan Almaz Hybrid Concept yang sudah dipesan dengan booking fee hanya Rp5 juta.

Tak hanya itu, Astra Honda Motors (AHM) membawa PCX Electric. Selain itu mereka juga menghadirkan stasiun penukaran baterai (swab battery) yang seakan menjawab kesiapan mereka dalam menyongsong era kendaraan listrik di masa depan.

Pemerintah memang masih terus berupaya untuk memepercepat menghadirkan era kendaraan listrik di Tanah Air. Hal ini karena teknologi yang digunakan diklaim lebih ramah lingkungan dibandingkan mobil atau motor konvensional.

Untuk datang ke pameran, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Cukup masuk ke portal www.electricmotorshow.id dan melakukan registrasi melalui: https://electricmotorshow.id/visitor-register.html

Artikel Terkait