IMI dan Pengelola Sentul Bantu Masalah di Mandalika

IMI menggandeng pihak pengelola sirkuit Sentul untuk membantu masalah di Mandalika untuk menghadirkan marshal

IMI dan Pengelola Sentul Bantu Masalah di Mandalika
Photo: IMI

TRENOTO – Ketua Umum IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan Pengurus Sirkuit International Sentul berjanji untuk menyelesaikan masalah di Mandalika. Seperti diketahui, ajang Asia Talent Cup (ATC) di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tertunda karena kekurangan personel marshal.

Bila sesuai jadwal, terdapat dua balap yang masing-masing dijadwalkan pada pukul 11.00 dan 15.00 WIB. Penundaan yang dilakukan dikonfirmasi langsung oleh Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) melalui situs resminya.

IMI selaku perpanjangan tangan Federation Internationale de Motocylisme (FIM) dan Federation Internationale de I’Automobile (FIA), berjanji untuk mengatasi masalah tersebut di atas.

Dengan menggandeng pengelola sirkuit Sentul, IMI akan bergotong royong untuk memenuhi persyaratan teknis yang dibutuhkan. Balapan ATC sendiri diundur dan akan diselenggarakan akhir pekan ini bersamaan dengan WSBK (Word Superbike).

“Kami (IMI dan pengelola Sentul) akan menyiapkan marshal untuk memenuhi ketentuan yakni delapan marshal di setiap pos sirkuit. IMI menugaskan Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Sadikin Aksa dan Badan Pembina IMI Tinton Soeprapto untuk mengurus teknis implementasi di lapangan,” kata Bambang Soesatyo, Ketua IMI Pusat.

Photo : antara

Pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut menjelaskan bahwa IMI telah mendapatkan konfirmasi dari Dorna Sport dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Sirkuit jalan raya tersebut sebelumnya mendapat masalah unboxing ilegal hingga mendapat perhatian publik.

"Sirkuit Internasional Sentul memiliki reputasi yang tidak perlu diragukan, salah satunya pernah mendapatkan The Best Organizer of the Grand Racing Event pada tahun 2008. Mereka juga memiliki segudang pengalaman dalam menyelenggarakan berbagai balapan bergengsi internasional,” jelas Bamsoet.

Sirkuit Sentul sudah memiliki pengalaman menyelenggarakan balapan kelas internasional. Sebut saja MotoGP dan Superbike yang digelar pada era 90-an.

Berbagai pembalap ternama seperti Max Biaggi, Valentino Rossi dan masih banyak lagi sudah pernah merasakan sensasi balap di sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Sebagai informasi, aspal sirkuit lintasan utama Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki panjang 4,310 kilometer dengan 17 tikungan.

Untuk memenuhi spesifikasi khusus pembangunan Sirkuit Mandalika, sistem pengaspalan yang digunakan ialah metode BIM.

Artikel Terkait