Inden Innova Zenix 6 Bulan, SPK Sekarang Unit Tiba Pasca Lebaran

Kantongi hingga 4.000 SPK dua minggu setelah peluncuran, inden Innova Zenix dikatakan mencapai 6 bulan

Inden Innova Zenix 6 Bulan, SPK Sekarang Unit Tiba Pasca Lebaran
Photo: Istimewa

TRENOTO – MPV (Multi Purpose Vehicle) Toyota Kijang Innova generasi baru resmi meluncur di Indonesia pada 21 November 2022. Hanya dua minggu setelah peluncuran Toyota berhasil mengantongi hingga 4.000 SPK.

Dari antara 4.000 tersebut, 80 persennya merupakan pembeli Toyota Kijang Innova Zenix varian hybrid. Berdasarkan catatan di atas, inden Innova Zenix bisa berbulan-bulan lamanya.

“Di dalam 80 persen itu setengahnya tipe Q, total 40 persen. Porsi kedua terbesarnya V hybrid, kemudian G hybrid. 20 persennya adalah yqang gasoline mostly tipe V,” ucap Anton di Jakarta, Kamis (8/12).

Photo : TrenOto

Peminat varian hybrid tipe tertinggi diklaim mendominasi pemesanan Innova generasi baru ini. Menurut Anton akan butuh waktu untuk menyesuaikan tipe produksi yang menjadi prioritas untuk mengisi inden.

Melihat tingginya demand maka bisa dipastikan inden Toyota Kijang Innova Zenix bisa lebih panjang. Namun Toyota akan terus mengejar sehingga inden tidak terlalu mengular.

“Sementara ini kalau saya lihat rata-rata lima sampai enam bulan. Cuma sekarang bergerak situasinya, jadi pasti kita coba catching up juga produksinya. Kita menunggu kesiapan TMMIN dan supplier,” jelas Anton. 

Baca juga: Toyota Minta Subsidi Mobil Hybrid Seperti Listrik Murni

Ia juga memaparkan produksi akan disesuaikan dengan kebutuhan dari masyarakat. Hal lain yang menjadi perhatian Toyota ialah ketersediaan semikonduktor dan baterai untuk mobil.

Namun menurut Anotn permintaan terhadap Innova Zenix ini tidak akan berlanjut dalam waktu panjang. Artinya dalam waktu beberapa bulan akan terlihat tipe yang bisa diprioritaskan untuk produksi.

“Kita memperkirakan hanya di awal, satu sampai tiga bulan. Setelah dua-tiga bulan biasanya akan mulai ketemu pola normalnya. Pada saat ketemu pola normalnya berarti kita tinggal menjawab inden tiga bulan pertama,” ucap Anton.

Photo : TrenOto

Sekedar informasi bahwa Toyota Kijang Innova Zenix tersedia dalam pilihan mesin benisn dan hybrid. Untuk mesin bensin harganya di angka Rp419 juuta sampai Rp467 juta. Sedangkan mesin hybridnya terbagi menjadi 3 varian dengan rentang harga Rp458 juta sampai Rp611 juta.

Untuk diketahui Innova generasi baru ini hanya ditawarkan mesin berikut transmisi otomatis CVT.

Artikel Terkait