Inden Mazda CX-3 Setengah Tahun, Konsumen Rela Menunggu

Inden Mazda CX-3 sampai 6 bulan karena sulit mendapatkan cip semikonduktor, perusahaan yakin konsumen rela menunggu

Inden Mazda CX-3 Setengah Tahun, Konsumen Rela Menunggu
Photo: Mazda

TRENOTO – Masih mendatangkan kendaraan secara CBU (Completely Build Up) atau utuh ke Indonesia, krisis cip semikonduktor yang terjadi secara global berpengaruh pada produksi Mazda. Terbukti inden Mazda CX-3 mencapai 6 bulan apabila melakukan pembelian saat ini. 

Ricky Thio selaku Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengatakan, konsumen yang ingin melakukan pembelian telah lebih dulu diberikan informasi agar tahu risiko yang harus dihadapi.

"Kita yang pasti kasih informasi kepada konsumen. Mereka juga mau nunggu karena sudah tahu sebelumnya. Inden panjang ini terjadi tentu saja karena supply kurang,” kata Ricky. 

Photo : Mazda

Saat disinggung solusi terkait hal ini, Ricky mengaku pihaknya tak bisa berbuat banyak. Hal ini dikarenakan barang yang dijual tidak tersedia karena salah satu komponen langka.

"Ini bagian dari strategi Mazda secara global ya kita semua ikut arahan Mazda. Jadi memang kalau untuk pemesanan barang, kita cuma bilang kita butuh sekian pihak pusat nanti yang akan mencari solusi,” ujarnya.

Pabrikan mobil asal Jepang tersebut juga pasrah apabila terdapat konsumen yang membatalkan pembelian serta adanya penurunan penjualan akibat kelangkaan cip.

Selain Mazda CX-3, Ricky juga menyebut inden juga terjadi untuk model lainnya. Hanya saja lama waktu tunggu kendaraan tak mencapai 6 bulan.

“Inden lumayan banyak banget. Ada juga model lainnya yang 3 bulan sampai 4 bulan. Semuanya tergantung dari mode apa yang dibeli konsumen,” tuturnya.

Photo : TrenOto

Menghadirkan Dua Model Baru

Menjadi strategi menarik perhatian konsumen, Mazda secara resmi menghadirkan dua mobil baru untuk pasar otomotif tanah Air, yakni new Mazda 2 Sedan dan new Mazda CX-8.

"Tentu menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi kami, dapat memperkenalkan generasi terbaru dari Mazda 2 Sedan dan Mazda CX-8 di Indonesia. Ini merupakan dua karya seni terbaik dari Mazda,” kata Ricky.

Terkait harga, new Mazda CX-8 dibanderol Rp795.5 juta, sedangkan new Mazda dibanderol di angka Rp338 juta. Harga tersebut berstatus on the road DKI Jakarta.

Artikel Terkait