Indonesia Juara, Raih Penjualan Mobil Terbanyak di ASEAN

Indonesia berhasil menempati posisi pertama dari sisi penjualan mobil dibandingkan seluruh negara ASEAN

Indonesia Juara, Raih Penjualan Mobil Terbanyak di ASEAN
Photo: Trenoto

TRENOTO – Memiliki jumlah penduduk cukup banyak dan wilayah yang luas, Indonesia berhasil menempati posisi pertama dari sisi penjualan mobil dibandingkan seluruh negara ASEAN atau Asia Tenggara.

Hal ini terlihat dari data yang dibagikan Asean Automotive Federation (AFF). Berdasarkan data yang dibagikan terlihat penjualan mobil di Indonesia sejak Januari hingga November 2021 mencapai 790.524 unit.

Berada di posisi kedua, negara ASEAN yang mampu melakukan penjualan mobil terbanyak diraih oleh Thailand. Untuk periode yang sama, Negeri Gajah Putih tersebut mampu mengukuhkan angka penjualan 668.109 unit.

Posisi selanjutnya di tempati Malaysia. Beda cukup jauh dengan Thailand, Negeri Jiran hanya mampu menjual mobil sebanyak 441.136 unit. Mampu mencetak angka penjualan sebanyak 257.390 unit, posisi ke empat berhasil diraih Vietnam.

Hanya beda 16,748 unit kendaraan, Filipina menjadi negara dengan penjualan mobil terbanyak selanjutnya. Berada di posisi kelima, penjualan yang mampu diraih yakni 240.642 unit sepanjang Januari hingga November 2021.

Singapura berada di posisi keenam dengan angka penjualan mobil sebanyak 54.953 unit. Posisi teakhir terdapat Myanmar. Untuk penjualan mobil diperiode yang sama, negara ini hanya mampu mendapatkan angka 8.365 unit.

Photo : Toyota Indonesia

Meski unggul dari sisi penjualan, nyatanya Indonesia masih kalah dari Thailand terkait produksi kendaraan roda empat sepanjang Januari hingga November 2021.

Walau beberapa pabrikan otomotif global menjadikan Indonesia sebagai basis produksi, angka produksi mobil yang mampu diraih selama 11 bulan tahun ini hanya 1.003.570 unit. Hal ini membuat Indonesia berada di posisi kedua.

Mampu menjadi yang paling unggul, Thailand mampu mengukuhkan angka produksi hingga 1.531.337 unit sepanjang Januari hingga November 2021.

Sama dengan angka penjualan mobil, Malaysia hanya mampu menempati posisi ketiga terkait produksi kendaraan roda empat. Angka produksi yang mampu diraih untuk periode yang sama tahun ini, hanya 427.485 unit.

Vietnam berada di posisi keempat karena mampu melakukan produksi 142.027 unit. Dua negara terakhir yang memiliki produksi mobil terbanyak di ASEAN yakni  Filipina dengan angka 78.714 unit dan Myanmar sebanyak 1.329 unit.

Artikel Terkait