Ini Alasan Pentingnya Mobil Wajib Servis 1.000 Km Pertama

alasan pentingnya servis 1.000 Km pertama harus diketahui oleh pemilik kendaraan agar tidak melewatkan bagian ini begitu saja

Ini Alasan Pentingnya Mobil Wajib Servis 1.000 Km Pertama
Photo: Toyota

TRENOTO – Meski mobil baru umumnya kondisinya masih baik, bukan berarti tidak perlu ada perawatan. Bahkan pemilik kendaraan disarankan untuk melakukan perawatan saat mobil jumlah kilometernya mencapai 1.000 Km.

Berdasarkan situs resmi Toyota, ada beberapa alasan mengapa servis 1.000 Km pertama sangat penting bagi kendaraan. Salah satunya agar kendaraan dapat beroperasi optimal dalam jangka panjang.

5 Alasan Pentingnya Servis 1.000 Km pertama

Photo : Auto2000

  1. Tujuan servis berkala 1.000 Km atau 1 bulan pertama adalah untuk memastikan bagian-bagian mobil berfungsi optimal.
  2. Bila terjadi kerusakan maka bisa dideteksi secara dini sehingga tidak meluas ke bagian lain dan menyebabkan biaya lebih besar.
  3. Servis berkala 1.000 km merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi karena syarat utama warranty atau garansi adalah rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi.
  4. Setelah itu menuju sistem penggerak seperti transmisi kopling. Bagian sasis juga akan diperiksa khususnya pada fungsi shock absorber serta rem mobil.
  5. Jika ada kerusakan, langsung dilakukan penggantian secara gratis.
  6. Tidak ada biaya yang harus dibayar oleh pemilik mobil untuk pemeriksaan komprehensif tersebut.

Komponan yang Diperiksa Saat Servis 1.000 Km Pertama

Photo : Trenoto

Tujuan utama dari servis 1.000 Km pertama adalah memastikan seluruh komponen kendaraan berkerja optimal. Tidak heran bila pemeriksaan dilakukan dengan cukup teliti guna memastikan perfoma dan usia kendaraan bisa lebih lama.

Saat servis berkala 1 bulan pertama, seluruh komponen bergerak di mobil dilakukan pemeriksaan secara detail. Bagian yang diperiksa meliputi fungsi dari seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC serta head unit.

Setelah itu pemeriksaan dilanjutkan ke bagian eksterior meliputi bodi, pintu, lampu mobil serta wiper yang merupakan penunjang pengendara. Bagian mesin seperti oli, tegangan fan belt, volume air radiator, minyak rem, fluida dan sebagainya juga tak luput dari pemeriksaan.

Tak hanya itu, pada servis pertama juga merupakan kesempatan pemilik kendaraan melakukan penyesuaian terhadap kebutuhannya masing-masing. Tentu saja semua harus disampaikan kepada teknisi saat pendaftaran.

Artikel Terkait