Ini Bedanya Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus dengan Active

Peugeot 3008 dan 5008 facelift masuk ke Indonesia dengan sejumlah ubahan mendasar yang membuatnya kini lebih terjangkau

Ini Bedanya Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus dengan Active
Photo: pribadi

TRENOTO – Peugeot 3008 dan 5008 facelift baru saja diluncurkan di Indonesia dengan mengusung beberapa perbedaan mendasar. Kali ini kedua SUV tersebut menyapa masyarakat dengan tipe active yang disebut lebih terjangkau.

Varian Active tersebut hadir minus beberapa fitur namun tidak mengurangi kenyamanan berkendara. Langkah ini dilakukan dengan maksud untuk memperluas pasar brand asal Perancis tersebut.

“Berdasarkan masukan dari konsumen, kami memasukan varian Active yang sesuai kebutuhan. Dengan meniadakan beberapa fitur, kami bisa menekan harga jual sehingga lebih terjangkau bagi orang banyak,” ucap Rokky Irvayandi, Chief Executive Officer Astra Peugeot saat ditemui di sela-sela acara media test drive Peugeot 3008 dan 5008 Active (08/11/2021).

Ubahan paling kentara pada Peugeot 3008 dan 5008 varian active adalah hilangnya panoramic sunroof. Dikatakan bahwa hilangnya fitur tersebut sudah memangkas cukup banyak biaya produksi.

“Dari tampilan yang berbeda selain panoramic sunroof adalah lampu depan. Pada versi Active menggunakan model reflektor bukan proyektor seperti tipe Allure Plus,” jelasnya kemudian.

Photo : peugeot

Selain itu, di dalam kabin perbedaannya terdapat pada bagian dasbor dan diameter monitor. Pada versi Allure Plus, dasbor disematkan aksen denim sementara tipe Active menggunakan motif karbon.

Lalu pada monitor tipe Active dimensinya menyusut menjadi 8 inci dari 10 inci sebelumnya. Lalu fitur yang hilang lainnya adalah motorized smart hands free tailgate, blind spot information system, active lane keeping assist and correction dan wireless charging.

Meskipun beberapa fitur keselamatan aktif pada kendaraan dihilangkan, namun diyakni mobil ini tetap aman dan nyaman digunakan. SUV ini juga tidak menghilangkan rasa berkendara khas Peugeot yang khas.

Dengan hilangnya beberapa  fitur tersebut di atas, Rokky mengatakan kedua produk unggulannya saat ini bisa dipasarkan dengan harga selisih lebih murah.

“Selisih harganya Rp 130 jutaan lebih murah sehingga diharapkan bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi cakupannya. Varian Active ini juga menyasar orang yang belum pernah merasakan nikmatnya menggunakan mobil Eropa,” tutur Rokky.

Sekadar informasi, Peugeot 3008 facelift dipasarkan dengan harga Rp 590 juta untuk tipe Active dan Rp 720 juta Allure Plus. Sementara Peugeot 5008 Active dijual Rp 645 juta dan Allure Plus Rp 775 juta.

Artikel Terkait