Ini Biaya Pesan Pelat Nomor Kendaraan Seperti Milik Gibran

Biaya pesan pelat nomor kendaraan seperti milik Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka menjadi sorotan karena serupa nama anak

Ini Biaya Pesan Pelat Nomor Kendaraan Seperti Milik Gibran
Photo: @gibran_rakabuming

TRENOTO – Pelat nomor Toyota Alphard Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka menjadi sorotan. Pasalnya, pelat nomor mobil memiliki angka cantik yaitu AD 373 S yang bisa dibaca Etes, nama dari anak sang walikota.

Berdasarkan penulusuran kami ditemukan bahwa nomor tersebut diterbitkan oleh Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Solo. Nomor dibuat pada 2019 dan pajak akan berakhir 13 Desember 2022.

Sedangkan untuk masa akhir STNK baru akan terjadi pada 13 Desember 2024. Pajak yang harus ditanggung pemilik kendaraan pun terbilang cukup besar untuk sebagian orang karena mencapai Rp13.6 juta.

“Iku wes suwe, we suwe (itu sudah lama, sudah lama)” ungkap Gibran.

Biaya Pesan Pelat Nomor Kendaraan

Photo : Trenoto

Sebenarnya memesan pelat nomor cantik bukanlah sesuatu yang aneh karena memang bisa dilakukan secara resmi. Asalkan nomor tersebut belum digunakan orang lain maka siapapun dapat memesannya.

Namun perlu diketahui bahwa harga pelat nomor cantik berbeda-beda, tergantung dari jumlah angka serta huruf yang diinginkan. Berikut adalah perkiraan harga pelat nomor cantik.

Pelat Nomor 1 Digit

Pelat nomor 1 digit tanpa tambahan huruf di belakangnya memiliki harga termahal dibandingkan pilihan pelat nomor lain. Untuk mendapatkan pelat nomor ini pemilik harus merogoh kocek sebesar Rp20 juta.

Namun, bila pemilik kendaraan hendak menambahkan huruf belakang angka maka harganya akan menurun. Tercatat, untuk pelat nomor cantik 1 angka dengan huruf di belakang dibanderol Rp15 juta.

Pelat Nomor Kendaraan 2 Digit

Selanjutnya adalah pelat nomor 2 angka tanpa tambahan huruf di belakang. Untuk pelat nomor jenis ini memiliki biaya sebesar Rp15 juta.

Sementara untuk pelat nomor cantik 2 angka dengan huruf di belakang akan bisa didapatkan melalui mahar Rp10 juta.

Pelat Nomor Kendaraan 3 Digit

Photo : Trenoto

Untuk pelat nomor 3 digit tanpa huruf di belakang, harganya adalah Rp10 juta. Sementara bila ada huruf di belakang harganya turun menjadi Rp7.5 juta.

Pilihan ini adalah yang diambil oleh putra sulung Presiden Joko Widodo sebagai pelat nomor Toyota Alphard miliknya.

Pelat Nomor Kendaraan 4 Digit

Pilihan pelat berikutnya adalah 4 digit angka tanpa huruf di belakang dibanderol Rp7.5 juta. Sementara pelat nomor cantik 4 angka dengan tambahan huruf hanya dijual Rp5 juta.