Ini Koleksi Mobil Andi Widjajanto, Gubernur Lemhannas yang Baru

koleksi mobil Andi Widjajanto terbilang cukup menarik karena nilainya cukup tinggi meski sudah berusia tua

Ini Koleksi Mobil Andi Widjajanto, Gubernur Lemhannas yang Baru
Photo: Katadata
  • Oleh Adi Hidayat

  • Selasa, 22 Februari 2022 | 15:22 WIB

TRENOTO – Nama dari Andi Widjajanto kembali mencuat setelah dirinya berhasil menjadi Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas). Dirinya dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Senin, 21 Februari 2022.

Ia menggantikan Gubernur Lemhannas sebelumnya yaitu Letnan Jenderal TNI (Purn.) Agus Widjojo karena kini menjabat sebagai duta besar Indonesia untuk Filipina sejak Januari 2022. Andi pun menjadi orang sipil keempat yang menjabat sebagai gubernur Lemhannas.

Apa yang didapatkan Andi memang cukup menarik, terlebih sebelumnya Ia terdepak dari Kabinet Joko Widodo pada Agustus 2015. Tidak heran bila profil dari Andi Widjajanto pun menjadi perhatian masyarakat.

Berdasarkan elhkpn.kpk.go.id, terakhir kalinya Andi mengisi laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) pada 5 Januari 2015 silam. Ketika itu Ia masih menjabat sebagai Sekretaris Kabinet Joko Widodo.

Dalam laporan disebutkan bahwa Ia memiliki total harga mencapai Rp11 miliar. Angka tersebut didapatkan dari beberapa harta, termasuk kendaraan pribadi, tanah dan bangunan serta harta bergerak lainnya.

Berdasarkan laporan, Ia memiliki sebidang tanah dan 2 bangunan di kota Depok serta bangunan di Jakarta Timur dengan nilai total 1.999 miliar. Ia juga memiliki harta bergerak lain senilai Rp258 juta, surat berharga senilai Rp399.98 juta, serta giro dan kas senilai Rp 6.5 miliar serta 310.000 dollar AS.

Koleksi mobilnya pun terbilang sangat menarik untuk disimak. Sedikitnya ada 4 mobil yang saat ini terdaftar di LHKPN dengan nilai total sebesar Rp2.356 miliar

Daftar Koleksi Mobil Andi Widjajanto

Range Rover Sport 2014

Photo : Katadata

Mobil termahal miliknya adalah Range Rover Sport 2014 dengan nilai mencapai nilai Rp1.3 miliar.

Mini Cooper 2014

Boleh dikatakan bahwa Andi Widjajanto cukup identik dengan Mini Cooper miliknya. Mobil ini dilaporkan memiliki nilai sebesar Rp620 juta.

Mazda Biante 2013

Selanjutnya adalah Mazda Bianter lansiran 2013 yang ditaksir memiliki nilai Rp326 juta.

Honda Freed 2011

Mobil termurah milik Andi adalah Honda Freed 2011 yang ditaksir di KPK memiliki nilai sebesar Rp100 juta.

Artikel Terkait