Ini Penyebab Harga Mobil Bekas Lebih Tinggi Ketimbang Baru

Ada beberapa penyebab harga mobil bekas lebih tinggi ketimbang baru yang sebenarnya bisa dipelajari oleh masyarakat umum

Ini Penyebab Harga Mobil Bekas Lebih Tinggi Ketimbang Baru
Photo: Trenoto

TRENOTO – Umumnya mobil bekas akan dijual lebih rendah ketimbang harga unit baru. Namun ada beberapa fenomena unik dimana harga unit bekas justru ditawarkan dengan harga jauh lebih tinggi dibandingkan baru.

Menurut Budi Utama, owner dari Arjuna Motor ada beberapa faktor penyebab harga bekas menjadi lebih tinggi dibandingkan harga baru. Salah satu yang paling mudah adalah terbatasnya jumlah mobil tersebut.

“Yang pasti jumlah permintaan lebih besar ketimbang dengan ketersediaan mobil di pasar. Misalnya saja Toyota GR Yaris, itu kan jumlahnya terbatas sementara peminatnya besar sekali,” ungkapnya pada TrenOto beberapa waktu lalu.

Photo : Mobil123

Selain itu, waktu inden kendaraan juga memiliki potensi untuk membuat harga jual kembali mobil meningkat. Menurutnya, semakin lama waktu inden maka bukan tidak mungkin harga jualnya juga akan menjadi tinggi.

“Seperti Toyota Land Cruiser, itu waktu inden bisa sampai tahunan sekarang tapi peminatnya banyak. Jadi orang yang berduit mana mau nunggu lama-lama, mending beli mobil bekas rasa baru dibandingkan menunggu terlalu lama seperti itu,” tambahnya.

Berdasarkan data yang kami miliki, Toyota Land Cruiser bekas memang dijual dengan harga jauh lebih tinggi bila dibandingkan baru. Tak tanggung-tanggung, kenaikannya bahkan mencapai Rp800 jutaan.

Berdasarkan salah satu situs jual beli, Toyota Land Cruiser GR Sport 2022 bekas tersebut hanya digunakan sejauh 100 Km. Sehingga tidak mengherankan bila diler mengklaim bahwa kondisi kendaraan memang masih berfungsi optimal.

Photo : Mobil123

Toyota Land Cruiser GR Sport 2022 hadir dengan karakter desain yang galak karena memang diperuntukkan bagi pecinta petualangan. Desain pelek juga diberikan warna hitam untuk memperkuat kesan sporty.

Sementara pada jantung pacu, Toyota menyematkan mesin V6D-turbo berkapasitas 3.346 cc berkode F33AFTV yang mampu menghasilkan tenaga 300 hp pada 4.000 rpm dan 700 Nm pada 1.600 – 2.600 rpm. Mesin tersebut dikawinkan oleh transmisi 10-speed Direct Shift-10AT.

Guna membantu pengendalian saat bertualang, Toyota menyematkan beberapa fitur tambahan. Fitur itu adalah E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) serta Electronic Differential Lock di roda depan dan belakang.

Artikel Terkait