Ini Penyebab Mobil Bekas Sulit Dijual Meski Kondisinya Baik

ada banyak penyebab mobil bekas sulit dijual meski kondisinya baik, salah satunya adalah kesulitan mencari suku cadang

Ini Penyebab Mobil Bekas Sulit Dijual Meski Kondisinya Baik
Photo: Trenoto

TRENOTO – Meski mobil bekas memang merupakan sebuah solusi praktis untuk menekan biaya pembelian, tetap ada beberapa model yang justru sulit untuk dijual. Padahal mobil-mobil tersebut tidak bekas tabrak maupun banjir.

Adji, Kepala Dealer Mobil88 Buaran mengatakan ada beberapa faktor yang membuat mobil bekas sulit dijual. Salah satunya adalah sulitnya mendapatkan suku cadang kendaraan untuk melakukan perawatan.

“Biasanya semakin jarang ditemukan di jalan, itu semakin sulit untuk dijual kembali. Selain itu, mudah tidaknya perawatan pun menentukan sulit tidaknya sebuah mobil terjual,” ungkapnya kepada Trenoto siang hari tadi.

Kondisi tersebut pun mau tidak mau membuat pedagang mobil untuk menjualnya dengan harga lebih rendah. Diharapkan harga lebih rendah bisa membuat mobil lebih cepat terjual meski keuntungan menjadi lebih kecil.

“Tapi ini tidak berlaku untuk mobil-mobil hobi. Walau jarang kelihatan di jalan, tapi harga mobil hobi masih tetap tinggi,” tambahnya kemudian.

Daftar Mobil Bekas Sulit Terjual

Berdasarkan pantauan Trenoto, ada beberapa mobil yang memiliki kriteria tersebut. Umumnya mobil sudah lagi dijual di Indonesia sehingga masyarakat enggan untuk memilikinya meski pihak APM memastikan suku cadang tetap tersedia.

Renault Kwid

Photo : Mobil123

Pada 2019, Renault cukup agresif untuk menggarap pasar otomotif Tanah Air dengan meluncurkan model-model baru. Sayangnya langkah itu tidak membuat model-modelnya mendapat respon positif dari masyarakat.

Kondisi tersebut berdampak pada Renault Kwid yang merupakan andalan mereka di Indonesia. Berdasarkan situs jual beli, mobil hatchback buatan 2019 ini hanya dijual seharga Rp135 juta meski kondisinya masih terbilang apik.

Cherovet Spin

Photo : Mobil123

Sempat digadang-gadang menjadi penantang Toyota Avanza, Chervolet Spin ternyata tidak berusia lama di Indonesia. Tak hanya dihentikan produksinya, Chevrolet bahkan telah hengkang dari Indonesia.

MPV yang dibuat di Bekasi ini masih dijual dengan harga sekitar Rp150 juta untuk buatan tahun 2015. Namun tentunya semua tergantung kondisi kendaraan.

Tata Vista

Photo : Mobil123

Tata Motors sempat menggebrak Indonesia dengan menghadirkan beberapa mobil penumpang di Indonesia. Sayang penerimaannya tidak sebaik yang diharapkan sehingga kini lebih fokus untuk menggarap pasar komersial.

Tata Vista adalah salah satu mobil penumpang yang dijual oleh pabrikan asal India tersebut. Mobil ini dijual dengan harga terjangkau, hanya Rp63 juta untuk buatan 2014.

Artikel Terkait