Ini Persiapan UD Trucks Hadapi Aturan Euro 4

UD Trucks lakukan persiapan matang untuk menyambuit aturan Euro 4 yang akan dilakukan pada pertengahan tahun depan

Ini Persiapan UD Trucks Hadapi Aturan Euro 4
Photo: UD Trucks
  • Oleh Adi Hidayat

  • Minggu, 19 Desember 2021 | 14:08 WIB

TRENOTO – Guna menyambut penerapan Euro 4 pada April 2022, UD Trucks meyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan produk-produknya. Langkah ini dilakukan untuk mendukung program Perintah dalam mengurangi polusi udara serta meningkatkan kualitas lingkungan hidup masyarakatnya.

Saat ini polusi udara merupakan salah satu ancaman terbersar dunia. Bersasarkan data dari Global Energy Review 2021 dari International Energy Agency (IEA) emisi karbon global diperkirakan akan meningkat sebesar 4.8 persen setelah pandemi COVID-19.

Angka tersebut merupakan peningkatan terbesar dalam 10 tahun terakhir. Ironisnya, emisi dari sektor transportasi sendiri berisiko meningkatkan emisi global lebih dari 1.5 persen dan bisa lebih besar bila tidak ada langkah nyata dalam menanggulanginya.

“Seluruh dunia sedang berubah. Solusi berkelanjutan menjadi tujuan terpenting, termasuk di Indonesia. Kami di UD Trucks berkomitmen untuk turut menyukseskan program pemerintah dalam menyediakan kendaraan komersial ramah lingkungan,” ungkap Aloysius Chrisnoadhi, Vice President UD Trucks Indonesia.

Kebijakan Pemerintah untuk menerapkan aturan emisi Euro 4 bagi kendaraan bermesin diesel dari aturan Euro 2 adalah salah satu langkah tepat. Kebijakan ini berpotensi mengurangi emisi NOx sebesar 65 persen sehingga secara signifikan akan mengurangi jejak karbon kendaraan diesel melalui emisi yang lebih bersih.

Photo : UD Trucks

Dengan adanya perubahan emisi ini, UD Trucks Indonesia juga mempersiapkan jaringan after sales service mereka. Mulai dari pelatihan intensif bagi para lini depan UD Trucks, persiapan jaringan distribusi suku cadang dan berbagai sarana pendukung.

Tentunya langkah ini sangat penting karena diperkirakan akan ada banyak truk yang saat ini beroperasi dan harus melakukan penyesuaian. Persiapan menjadi kunci agar tidak terjadi kepadatan berkepanjangan di bengkel-bengkel resmi.

Selain itu, UD Trucks juga akan meluncurkan truk-truk dengan standar Euro 4 pada pertengahan 2022. Pelanggan pun akan diuntungkan karena bisa langsung memaksimalkan kendaraannya untuk beroperasi.

UD Trucks pun menjandijan bahwa model baru tersebut akan meminimalkan dampak lingkungan, meningkatkan efisiensi, profitabilitas dan mengoptimalkan Total Cost of Ownership (TCO). Tentunya semua itu diberikan tanpa mengorbankan manfaat yang ditawarkan oleh model sebelumnya.

Artikel Terkait