Intip Teknologi Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2022

Daihatsu Rocky Hybrid didatangkan langsung dari Jepang untuk ditampilan di GIIAS 2022, teknologinya berbeda

Intip Teknologi Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2022
Photo: Trenoto

TRENOTO – Tidak hanya membawa Ayla EV, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga membawa Rocky HEV ke GIIAS 2022. Mobil ini sejatinya sudah diluncurkan pada November 2021 namun hanya untuk pasar Jepang.

Kehadiran mobil tersebut diharapkan bisa menjadi bukti pada pelanggan kesiapan mereka dalam menghadapi era elektrifikasi. Pasalnya salah satu tujuan ditampilkannya Daihatsu Rocky HEV memang untuk dijadikan sebagai bahan studi.

“Tujuan untuk membawanya memang untuk diperlihatkan kepada pengunjung dan studi di pasar,” ungkap Sony Satria, Design Engineering ADM beberapa waktu lalu.

Photo : Trenoto

Bila melihat secara sekilas, Daihatsu Rocky hybrid sebenarnya tidak banyak berbeda bila dibandingkan dengan unit saat ini. Namun bila diperhatikan lebih detail, maka akan terlihat perbedaan desain grille yang terkesan lebih soft ketimbang produksi lokal.

Meski tidak banyak perbedaan pada sisi desain, teknologi yang disematkan sangatlah berbeda. Pasalnya mobil ini sudah menggunakan teknologi e-Smart Hybrid sehingga tenaga mesin digunakan untuk menghasilkan listrik dan diteruskan untuk menggerakkan motor utama.

Perlu diketahui bahwa jantung pacu Rocky Hybrid adalah mesin 3 silinder berkapasitas 1.200 cc yang didesain khusus untuk teknologi Hybrid. Sehingga mesin tersebut didesain sedemikian rupa agar lebih ringkas namun tetap responsif.

Sementara itu untuk baterai lithium ion yang digunakan dibuat sedemikian rupa agar tidak mengurangi nilai tambah dari mobil. Ukurannya dibuat kompak dan memiliki kapasitas 4.3 Ah namun tetap berbobot ringan.

Daihatsu Rocky hybrid telah mengadopsi rem parkir elektrik, disertai ACC (Adaptive Cruise Control). Selain itu terdapat juga fitur CTA (Cornering Trace Assist) yang berfungsi menstabilkan kendaraan dengan memberikan sejumlah gaya pengereman ke roda.

Photo : Trenoto

Meski tidak diluncurkan, tetapi Daihatsu meluncurkan Rocky facelift yang telah mendapat beberapa aksen baru. Pengubahan tersebut dilakukan guna membuat tampilan mobil menjadi lebih agresif bila dibandingkan sebelumnya.

Ubahan juga dilakukan pada bagian sisi kendaraan melalui perubahan warna spion menjadi hitam agar terkesan variatif. Kemudian Daihatsu telah menyematkan pelek baru berukuran 16 inci untuk varian 1.2 X serta penambahan Gun Metal Skid Plate.

Varian 1.2 X kini memiliki 2 pilihan warna spesial yakni Shining Pearl White dan Red Compagno. Kedua warna tersebut sebelumnya hanya terdapat pada varian 1.000 cc turbo.

Artikel Terkait