Jadwal One Way dan Ganjil Genap Jalan Tol untuk Arus Balik

Jadwal one way dan ganjil genap jalan tol sudah ditetapkan untuk menghadapi kepadatan saat arus balik

Jadwal One Way dan Ganjil Genap Jalan Tol untuk Arus Balik
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Kepolisian telah mempersiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk memberi kemudahan masyarakat kembali ke Jakarta. Salah satunya adalah dengan menggelar kebijakan one way dan ganjil genap ke arah barat di tol Trans Jawa.

Kebijakan dilakukan karena skenario tersebut berhasil mencairkan kepadatan di jalan tol saat arus mudik. Sehingga bukan tidak mungkin kebijakan serupa juga efektif untuk diterapkan para arus balik.

Puncak arus balik sendiri diperkirakan akan mulai terjadi pada Jumat, 6 Mei 2022 dan mencapai puncak kepadatan pada 7-8 Mei 2022. Perkiraan tersebut muncul mengingat pada 9 Mei 2022, masyarakat akan kembali bekerja.

Photo : TMC Polda Metro Jaya

Untuk menghindari terjadinya kepadatan parah, pihak Kepolisian pun telah mengeluarkan jadwal one way dan ganjil genap jalan tol. Bagi kendaraan yang plat nomornya tidak sesuai maka akan dialihkan ke jalan arteri.

Dengan kebijakan tersebut diharapkan konsentrasi kepadatan lalu lintas dapat terpecah dan lalu lintas menjadi lebih lancar. Hal ini tentu penting untuk kenyamanan para pelaku perjalanan yang ingin kembali ke rumahnya masing-masing.

Rute dan Jadwal One Way di Jalan Tol untuk Arus Balik

Photo : NTMC Polri

  • Jumat (6/5) pukul 14.00 WIB – 24.00 WIB mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) hingga KM 47 (Tol Jakarta – Cikampek).
  • Sabtu (7/5) pukul 07.00 WIB – 24.00 WIB mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) hingga KM 3 + 500 (Gerbang Tol Halim)
  • Minggu (8/5) mulai pukul 07.00 WIB hingga Senin (9/5) pukul 03.00 WIB dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) hingga KM 3 + 500 (Gerbang Tol Halim).
  • Polri juga dapat memberlakukan sistem one way mulai KM 442 (Gerbang Tol Bawen) dengan mempertimbangan kondisi volume lalu lintas yang terjadi di lapangan.

Meski sudah memiliki jadwal, bukan tidak mungkin akan ada perubahan waktu pelaksanaan dan rute yang dilakukan. Hal ini sangat bergantung pada situasi serta kondisi jalan dimana perhitungan dari Kepolisian menjadi sangat penting.

Bagi pemudik yang ingin menghindari kepadatan maka tidak ada salahnya untuk kembali lebih awal. Langkah tersebut terbilang cukup efektif untuk menjauhi penumpukan kendaraan khususnya di jalan tol.

Artikel Terkait