Jalur Puncak Ditutup Besok Mulai Pukul 18.00 WIB

Jalur Puncak Ditutup selama 12 jam pada malam pergantian tahun untuk menghindari terjadinya kepadatan lalu lintas

Jalur Puncak Ditutup Besok Mulai Pukul 18.00 WIB
Photo: Istimewa

TRENOTO – Bagi yang ingin merayakan malam pergantian tahun di Puncak Bogor, sebaiknya melakukan persiapan lebih matang khususnya dalam menentukan waktu perjalanan. Pasalnya jalur Puncak ditutup tanggal 31 Desember 2021 pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari 2022 pukul 06.00 WIB.

Penutupan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas di jalan raya Puncak sehingga berisiko menimbulkan kerumunan. Sebagai gantinya, Kepolisian akan mengalihkan arus lalu lintas melalui Jonggol dan Sukabumi sehingga diharapkan perjalanan tidak akan terganggu.

Skema ini sebenarnya sudah cukup lama digaungkan namun terus menerus disosialisasikan. Hal ini penting untuk memastikan masyarakat yang hendak berpergian akan melakukan penghitungan ulang perjalanan mereka.

Photo : Istimewa

Tak hanya melakukan rekayasa lalu lintas, Satlantas Polres Bogor juga tetap mempertahankan kebijakan ganjil genap untuk kendaraan. Aturan tersebut akan berlaku untuk seluruh kendaraan roda empat dan roda dua sehingga diharapkan kepadatan lalu lintas bisa terhindarkan.

Sedikitnya ada 10 titik pemeriksaan ganjil genap yang telah didirikan hingga 2 Januari 2022. Berikut adalah daftarnya.

  1. Cibanon
  2. Rainbow Hills
  3. Pasir Angin
  4. Gate Tol Ciawi
  5. Penutupan Arus Bendungan
  6. Simpang Gadog
  7. Sentul Utara
  8. Bellanova
  9. Jalan Ciawi
  10. Jalan Pandan Sari

Bila ditemukan ada kendaraan yang tidak sesuai dengan aturan, maka petugas akan langsung memutarbalikkan ke titik awal.

Photo : NTMC Polri

Tak hanya memeriksa ganjil genap kendaraan, petugas yang berada di pos tersebut juga akan melakukan pemeriksaan kepada para penumpang. Pasalnya, pelaku perjalanan diwajibkan sudah mendapat vaksin dan melakukan tes antigen dengan hasil negatif.

Perkiraan Puncak Arus Balik

Puncak arus balik dari libur Nataru diperkirakan terjadi pada 2 Januari 2022 dan diprediksi akan terjadi kepadatan lalu lintas di sejumlah titik. Kondisi tersebut akan dihadapi oleh pihak Kepolisian dengan beragam skema yang sudah disiapkan.

Selain skema ganjil genap, pihak Kepolisian juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas seperti contraflow dan one way. Skema tersebut akan dipilih sesuai dengan kebutuhan lalu lintas di lapangan. Diharapkan kepada pengguna jalan untuk melakukan persiapan agar tidak mengalami kendala selama dalam perjalanan.

Artikel Terkait