Jasa Marga Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas Ganjil Genap di Tol

Guna menghindari terjadinya kepadatan lalu lintas saat arus mudik, Jasa Marga uji coba rekayasa lalu lintas ganjil genap di tol

Jasa Marga Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas Ganjil Genap di Tol
Photo: Jasa Marga

TRENOTO – Hari ini Korlantas Polri akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas ganjil genap yang akan diterapkan saat arus mudik Lebaran 2022. Uji coba dilakukan di Tol Cikampek dan berlangsung pada 25-27 April 2022 pada waktu-waktu tertentu.

Jumlah pemudik pada Lebaran 2022 kali ini diperkirakan meningkat sekitar 40 persen bila dibandingkan musim mudik 2019. Mobil pun diyakini masih menjadi moda transportasi yang paling banyak digunakan.

Tak hanya itu, jumlah pengguna tol Trans Jawa pun akan meningkat drastis bila dibandingkan kondisi normal. Tidak heran bila banyak pihak khawatir akan terjadi kemacetan parah.

Photo : Jasa Marga

Oleh karenanya, Kepolisian bersama Kementerian Pehubungan dan Jasa Marga menyiapkan beragam skenario rekayasa lalu lintas. Hal ini dilakukan untuk memastikan arus mudik Lebaran 2022 mendatang bisa berjalan lancar.

Namun untuk memastikan skenario yang sudah disiapkan memang efektif, diperlukan beberapa simulasi. Untuk itu jelang terjadinya arus mudik, uji coba rekayasa lalu lintas ganjil genap pun dilakukan sebagai evaluasi bila perlu ada pengembangan lebih lanjut.

Agar masyarakat tidak bingung, Jasa Marga juga sudah melakukan beragam persiapan terkait uji coba yang mereka lakukan. Mulai dari memberikan pengumuman dari Dynamic Mesaage Sign (DMS) hingga menyiapkan petugas di beberapa titik.

Photo : NTMC Polri

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan akibat pelaksanaan rekayasa lalu lintas dimaksud. Kami imbau masyarakat dapat mematuhi peraturan serta arahan petugas di lapangan dan sebagai alternatif selama pelaksanaan ganjil genap, masyarakat dapat menggunakan jalan nasional atau keluar GT terdekat sebelum lokasi pemberlakuan,” terang Dwimawan Heru, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga.

Jadwal dan Lokasi Uji Coba Rekayasa Lintas Ganjil Genap di Tol

Senin, 25 April 2022

Pukul 11.00-13.00 WIB

Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) s.d GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 70

Selasa, 26 April 2022

Pukul 11.00-13.00 WIB

Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) s.d GT Palimanan Utama Jalan Tol Cipali KM 188

Rabu, 27 April 2022

Pukul 10.00-17.00 WIB

Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) s.d GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang KM 414

Artikel Terkait