Jawa Barat Jadi Kunci Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2022

Jawa Barat jadi kunci kelancaran arus mudik Lebaran 2022 karena seluruh kendaraan ke arah timur akan melalui provinsi tersebut

Jawa Barat Jadi Kunci Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2022
Photo: Jasa Marga

TRENOTO – Jawa Barat jadi kunci kelancaran arus mudik khususnya untuk kendaraan ke arah timur. Hal ini diungkapkan oleh Irjen Firman Shantyabudi, Kakorlantas Polri beberapa waktu lalu.

Menurutnya, jika arus mudik di Jawa Barat berhasil dibuat lancar, maka volume kendaraan pemudik akan bisa didorong dengan lancar hingga Jawa Tengah. Dari sana, konsentrasi kepadatan pemudik akan terpecah sehingga arus lalu lintas bisa lebih landai.

“Kuncinya seperti yang disampaikan Dirops Jasa Marga, kuncinya di Jawa Barat ini. Kalau bisa lancar semoga kita dorong bisa ke Jawa Tengah kemudian pemudik pecah di sana,” tegas Firman.

Photo : Jasa Marga

Inilah yang menyebabkan rekayasa lalu lintas lebih banyak dikonsentrasikan di kawasan Jawa Barat, khususnya tol Trans Jawa dan Pantura. Selain itu, jumlah petugas di wilayah tersebut pun juga lebih ditingkatkan.

“Kita siagakan personel Polda Jabar baik jalur di tol maupun di arteri Pantura. Semua sudah kita siapkan sedemikian rupa,” ucapnya.

Meski demikian, kata Firman, pengaturan lalu lintas yang dilakukan masih harus diikuti secara disiplin oleh masyarakat. Sehingga, tak ada pelanggaran lalu lintas yang berujung pada hal yang tak diinginkan saat arus mudik.

“Dibutuhkan pengumuman-pengumuman, kemudian imbauan lebih masif. Tujuannya agar masyarakat patuh, taat, mau mengikuti petunjuk petugas dan lajur-lajur yang sudah dibuat. Sehingga kita bisa memperkecil apa yang tidak perlu terjadi,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa pihak Kepolisian telah melakukan uji coba rekayasa lalu lintas ganjil genap di ruas tol Trans Jawa. Langkah ini dilakukan untuk memastikan skenario tersebut dapat berjalan efektif.

Uji coba yang dimulai 25 hingga 27 April 2022 tersebut digelar pada di jam-jam tertentu. Diharapkan untuk masyarakat menyesuaikan jadwal perjalanannya.

Jadwal dan Lokasi Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas Ganjil Genap di Tol

Photo : Jasa Marga

Senin, 25 April 2022

Pukul 11.00-13.00 WIB

Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) s.d GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 70

Selasa, 26 April 2022

Pukul 11.00-13.00 WIB

Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) s.d GT Palimanan Utama Jalan Tol Cipali KM 188

Rabu, 27 April 2022

Pukul 10.00-17.00 WIB

Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) s.d GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang KM 414

Artikel Terkait