Jokowi Dukung Mobil Listrik jadi Kendaraan Dinas

Jokowi dukung mobil listrik untuk menjadi kendaraan dinas para jajarannya mulai menteri hingga TNI Polri

Jokowi Dukung Mobil Listrik jadi Kendaraan Dinas
Photo: @jokowi

TRENOTO – Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada seluruh jajarannya seperti menteri, bupati TNI serta Polri untuk menggunakan kendaraan listrik. Hal ini dilakukan untuk mempercepat era mobil serta motor listrik di Indonesia.

Kebijakan ini dituangkan pada Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah. Instruksti berlaku mulai 13 September 2022.

Dalan inpres tersebut disampaikan bahwa pemerintah pusat dan daerah diminta untuk menyusun aturan penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas. Mereka juga harus membuat alokasi anggaran pengadaan.

Photo : Autoexpress

Sejatinya langkah Jokowi dukung mobil listrik jadi kendaraan dinas bukanlah langkah baru. Pasalnya beberapa pimpinan daerah sudah melakukannya bahkan sebelum instruksi disahkan seperti Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

Ia kini menggunakan Hyundai Ioniq 5 dan menyampaikan bahwa langkahnya bisa menjadi penggerak masyarakat untuk menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT). Ia bahkan menargetkan agar EBT dapat memenuhi 21 persen kebutuhan energi di Jawa Tengah pada 2025.

“Dalam rangka menuju target itu, kita genjot terus infrastruktur dan sosialisasi agar bukan cuma di lingkup pemerintahan saja yang memanfaatkan tapi juga masyarakat. Salah satunya lewat mobil listrik,” tegas Ganjar.

Dipermudah Pemerintah

Photo : Wuling

Tak hanya memerintahkan jajarannya menggunakan kendaraan listrik, pemerintah juga memberi beragam kemudahan agar masyarakat ikut tertarik. Sejumlah insentif telah diberikan sehingga diharapkan bisa membantu masyarakat.

Berikut adalah kemudahan dari pemerintah

  • PPnBM 0 persen

  • Gratis BBNKB dan PKB (Khusus di DKI Jakarta)

  • Uang muka kredit minimum 0 persen

  • Tingkat bunga rendah

  • Tidak berlaku aturan ganjil genap

Program tersebut juga telah disambut positif oleh pabrikan otomotif. Sejumlah kendaraan listrik telah diluncurkan dan dijual ke masyarakat umum dengan harga yang semakin kompetitif dibanding sebelumnya.

Salah satunya adalah kehadiran Wuling Air ev yang menjadi model termurah di Indonesia sekarang. Berdasarkan situs resmi, kendaraan berdimensi kecil tersebut dijual dengan harga mulai dari Rp238 juta hingga Rp311 Juta.

Meski harganya terjangkau, Wuling menegaskan bahwa mobil memiliki beragam keunggulan. Salah satunya adalah baterai yang mampu menempuh perjalanan hingga 300 km untuk varian Long Range sementara tipe standar dapat digunakan sejauh 200 km.

Artikel Terkait