Jokowi Naik Mobil Paling Mewah di China, Ini Spesifikasinya

Jokowi naik mobil paling mewah dan paling mahal di China dalam kunjungan kerjanya di negeri Tirai Bambu

Jokowi Naik Mobil Paling Mewah di China, Ini Spesifikasinya
Photo: Chinamobil.ru

TRENOTO – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan resmi ke China dan bertemu Presiden Xi Jinping. Menjadi menarik karena Jokowi naik mobil paling mewah di China yakni Hongqi Luxury L5.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut melakukan kunjungan ke China untuk membahas penguatan kerja sama bidang perdagangan dan investasi antar kedua negara.

Setibanya di Beijing Capital International Airport, Jokowi dijemput dan disambut dengan hangat oleh para pejabat China. Lalu sang presiden menumpangi salah satu limosin termahal tersebut di atas.

Photo : Chinamobil.ru

Hongqi L5 didapuk sebagai salah satu mobil jenis limosin termahal di China. Namun banderol kendaraan tersebut diketahui lebih mahal dari Rolls-Royce sekalipun.

Dikutip dari Katadata.co.id, Hongqi L5 merupakan mobil yang pertama kalinya diluncurkan pada 2013. Kendaraan ini dipaasarkan dengan harga 5 juta Yuan atau senilai Rp11.1 miliar.

Sekadar informasi, Hongqi L5 merupakan mobil resmi negara Tirai Bambu dan hanya dijual di sana. Maka tidak heran masih banyak orang yang belum mengenal sosoknya.

Terlahir sebagai limosin, panjang kendaraan lebih dari 5 meter, lebar 2.018 meter dan tinggi 1.5 meter. Jarak sumbu roda kendaraan ini disebut-sebut mencapai 3.4 meter sehingga kenyamanan di dalam kabin sudah pasti terjamin.

Urusan dapur pacu, Hongqi L5 dibekali dengan mesin 5.985 cc 12 silinder naturally aspirated. Kendaraan mewah ini dipercaya mampu menghasilkan daya 408 hp pada 5.600 rpm dan torsi puncak 550 Nm pada 4.000 rpm.

Besaran tenaga yang dihasilkan disandingkan dengan transmisi otomatis enam percepatan. Lalu tenaga tersebut disalurkan pada keempat rodanya alias 4WD.

Mobil ini dikatakan bisa dipacu hingga kecepatan maksimal 190 km/jam. Bobotnya yang mencapai 3.1 ton membuatnya tidak bisa dipacu terlalu kencang.

Photo : Chinamobil.ru

Untuk pengemudi pabrikan melengkapinya dengan sejumlah fitur meliputi parking radar, rear-view camera, tire-pressure monitoring system, EBD, BA, ESP, Automatic parking brake dan hill start assist.

Lalu untuk hiburan, penumpang bisa menikmati CD/DVD, MP3, Navigation, Sensor LCD Screen, Bluetooth dan External audio interface.

Sebagai mobil mewah tentunya banyak fitur-fitur kemewahan yang melekat. Seperti penghangat jok dan berfungsi untuk menghangatkan suhu saat musim dingin.

Lalu adapula penghangat kaca samping hingga setir pada kursi depan tentunya.

Artikel Terkait