Jualan Isuzu Semester I 2022 Naik 29 Persen

Seiring dengan diberlakukannya rergulasi Pemerintah tentang standar emisi bas buang, jualan Isuzu semester I naik

Jualan Isuzu Semester I 2022 Naik 29 Persen
Photo: IAMI

TRENOTO – Jualan Isuzu semester I 2022 disebutkan naik sebesar 29 persen. Pencapaian positif ini diraih beriringan dengan mulai diberlakukannya regulasi standar emisi Euro4 di Indonesia.

Seperti diketahui bahwa mulai 4 April 2022, seluruh kendaraan diesel yang dipasarkan di Tanah Air harus lolos standar emisi Euro4. Kebijakan tersebut juga dimanfaatkan pabrikan untuk meningkatkan kualitas sekaligus koreksi harga.

Harapannya dengan naiknya standar emisi kendaraan diesel bisa membuat kualitas udara lebih baik. Pemerintah Indonesia sendiri terus mengeluarkan kebijakan demi mengurangi karbon.

Photo : IAMI

Isuzu yang memang fokus pada kendaraan niaga mencatat adanya kenaikan permintaan konsumen akan produk-produknya. Kenaikan penjualan Isuzu di Indonesia merupakan hasil gabungan tiga produk unggulannya.

“Kalau dari sisi retail sales, Isuzu baik gabungan light truck (Elf), Giga hingga Traga kenaikannya kurang lebih 29 persen,” ucap Attias Asril, Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di BSD (19/08).

Lebih jauh pria yang akrab disapa Aat menjelaskan bahwa penjualan Isuzu hingga Juli 2022 sebanyak 545.631 unit. Sementara pada tahun sebelumnya penjualan mereka tercatat sebanyak 451..877 unit.

“Market share kita dibandingkan tahun lalu, naik 0.1 persen menjadi 24.8 persen. Kalau dibandingkan on year atau 2021 lumayan kenaikannya 0.5 persen,” tutur Aat.

Baca juga : Jokowi Was-was, Harga BBM Bersubsidi Dikabarkan Naik Bulan Ini

Bicara truk standar emisi Euro4 dikatakan bahwa Isuzu telah memasarkan produk sesuai aturan sebelum regulasinya diberlakukan. Penjualan truk Euro4 Isuzu dibarengi dengan Euro2 sehingga konsumen bisa memilih secara leluasa.

“Sebenarnya kita sudah mulai penjualan Euro4 di Maret tahun ini. Walau secara regulasi Pemerintah baru 7 April tapi kita sudah mulai jual 1 sampai 2 unit,” jelasnya kemudian.

Kemudian setelah resmi diberlakukan, penjualan kendaraan diesel bermerek Isuzu terus meningkat. Penjualan April hingga Mei dikatakan sudah mencapai 80 persen kendaraan berstandar Euro4.

Photo : IAMI

Lalu pada Juli 2022 sekitar 90 persen penjualan sudah didominasi oleh produk-produk terbarunya yang memiliki standar emisi Euro4.

Isuzu juga mengatakan bahwa pihaknya terus meningkatkan layanan after sales. Mereka terus menambah bengkel on site untuk menjangkau para pelanggan di lokasi bisnis.

Pada ajang GIIAS 2022, Isuzu juga menampilkan kendaraan listrik komersialnya dalam bentuk prototipe. Isuzu Elf EV dihadirkan sebagai alat studi kebutuhan konsumen di Tanah Air.

Artikel Terkait