Kembaran Toyota Hiace Siap Nyetrum

Kembaran Toyota Hiace dipasarkan dengan menggunakan sumber daya listrik dan panjang kendaraan nyaris 6 meter

Kembaran Toyota Hiace Siap Nyetrum
Photo: Carscoops

TRENOTO – Wujud Toyota Hiace menjadi sasaran penjiplakan produsen mobil asal China yakni Joylong. Kembaran Toyota Hiace tersebut siap nyetrum alias dibekali sumber daya listrik.

Adalah Joylong E6 full electric yang disebut Carscoops sudah diniagakan di pasar Australia. Lebih jauh wujud kendaraan jenis Van tersebut memiliki tampilan sama dengan versi bensin yakni Joylong A6.

Penjiplakan bukanlah hal baru di China karena sudah cukup banyak produsen mobil desainnya ditiru. Bahkan hal ini juga dialami produsen motor dan beberapa merek sempat beredar di Indonesia.

Meskipun belakangan di Tanah Air sudah semakin banyak manufaktur asal Tiongkok yang lebih kreatif. Bahkan ada pabrikan mempekerjakan karyawan eks merek Eropa dan adapula beberapa kolaborasi hingga akuisisi brand legendaris.

Namun di balik pesatnya perkembangan mobil asal negeri Tirai Bambu. Upaya penjiplakan nampaknya tetap tidak bisa hilang begitu saja.

Photo : Carscoops

Salah satunya dilakukan oleh Joylong yang meniru Toyota Hiace. Mereka bahkan membuat kendaraan sulit dibedakan dengan aslinya.

Jika dilihat secara sekilas mungkin orang akan langsung menerka unit ini adalah Toyota Hiace. Disebutkan perbedaan antara keduanya terdapat pada bentukan lampu depan maupun belakang.

Spesifikasi Joylong E6 Kembaran Toyota Hiace

Seperti telah kami sebutkan di atas, Joylong E6 dibangun dengan menggunakan basis versi mesin bakar. Dimensinya masih sama yakni panjang 5.990 mm, lebar 1.880 dan tinggi 2.320 mm.

Dengan panjang yang nyaris enam meter, pengemudi harus lebih hati-hati ketika masuk ke jalan sempit. Adapun wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 3.720 mm.

Kendaraan ini ditawarkan dalam dua pilihan tipe yakni 12 atau 14 tempat duduk. Layaknya van pada umumnya, semakin banyak penumpang maka kenyamanan akan dikorbankan.

Formasi pada versi 14 tempat duduk ada 2+2+3+3+4. Namun karena roda belakang ditarik mundur bisa dipastikan 2 baris jok paling belakang akan merasakan kurang nyaman, terlebih saat melintasi jalan bergelombang.

Photo : Carscoops

Interior Joylong E6 mirip dengan Toyota Hiace generasi terkini. Satu fitur menarik perhatian adalah penggunaan rem parkir model lawas yang digunakan pada Datsun Go hingga L300.

Disebutkan bahwa Joylong E6 dibekali motor listrik yang bisa memproduksi tenaga sebesar 80 hp. Lalu torsi puncaknya 382 Nm dan disalurkan pada roda belakang alias penggerak roda belakang (RWD).

Sebagai kendaraan listrik Joylong E6 dikatakan mampu menempuh jarak 300 km dalam kondisi baterai penuh. Kemudian pengisian kembali hanya membutuhkan lima jam dengan tegangan sebesar 20 amp atau kurang dari empat jam menggunakan 32 amp.

Artikel Terkait