Kepolisian Mulai Lakukan Persiapan Mudik Lebaran 2022

Meski masih lama, Kepolisian mulai lakukan persiapan mudik untuk memastikan kelancaran lalu lintas di periode tersebut

Kepolisian Mulai Lakukan Persiapan Mudik Lebaran 2022
Photo: Jasa Marga

TRENOTO – Meski masih lama, Kepolisian mulai lakukan persiapan mudik Lebaran 2022 demi memastikan kelancaran lalu lintas di jalan. Salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan di sejumlah titik rawan kepadatan.

Sejumlah titik yang dilakukan pengecekan yakni Km 45, Km 47, Km 69, dan Km 70 Tol Cikampek. Menurut Irjen Pol Firman Shantyabudi, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) lokasi tersebut akan diterapkan rekayasa lalu lintas.

Salah satu skenario yang akan dilakukan adalah skema contraflow, bahkan one way jika terjadi kemacetan panjang saat mudik dan arus balik Lebaran. Karena itulah persiapan harus dilakukan lebih awal.

Photo : Jasa Marga

“Sekali lagi untuk menambah kapasitas volume jalan untuk bisa dilalui, tapi ini baru persiapan-persiapan dimana keluar masuknya, bagaimana pengaturan di pintu tol, semua akan kami cek,” tegasnya.

Tak hanya Km 45-70, Jalan Tol Cikampek Selatan (Entrance Sadang) turut dilakukan pengecekan. Jalur ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan jika telah beroperasi penuh.

Sebelumnya diberitakan bahwa mudik lebaran tahun ini sudah diperbolehkan setelah sebelumnya sempat dilarang. Diperbolehkannya mudik disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Photo : Jasa Marga

“Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran dipersilakan. Diperbolehkan dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster serta tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Meski demikian Kepolisian menyampaikan usulan kepada pemerintah untuk memberi keringanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah dengan membolehkan masyarakat yang baru vaksin 2 kali untuk mudik asalnya memiliki hasil antigen negatif.

Tak hanya itu, kepolisian juga menggelar gerai vaksin di beberapa posko pengamanan mudik. Dengan fasilitas tersebut maka para pemudik bisa melengkapi vaksinnya di tengah perjalanan mudik mendatang.

“Di jalur jalur mudik nanti akan kami siapkan pos-pos yang memberikan pelayanan memberikan vaksinasi tambahan. Karena kami memang menyarankan untuk pemudik sudah 2 kali vaksin, apa lagi bila sudah vaksin 3 kali jauh lebih baik," ungkap Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Polisi Republik Indonesia.

Artikel Terkait