Kerja Sama UD Trucks dan Isuzu, Siapkan Kendaraan Masa Depan

Jalinann kerja sama UD Trucks dan Isuzu diharapkan mampu menciptakan kendaraan masa depan yang ramah lingkungan

Kerja Sama UD Trucks dan Isuzu, Siapkan Kendaraan Masa Depan
Photo: Carlogos

TRENOTO – Berada di bawah naungan Volvo Grup selama belasan tahun, UD Trucks resmi dimiliki Isuzu Motors pada 2021 lalu. Sebagai wujud aliansi strategis kedua merek di dunia otomotif, fokus kerja sama akan berada di kendaraan komersial.

Lalu bagaimana bentuk kerja sama UD Trucks dan Isuzu di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Aloysius Chrisnoadhi selaku Direktur Marketing dan Aftersales Service UD AMI menegaskan, secara pemasaran keduanya akan tetap berada di jalurnya masing-masing.

"Jadi kalau ditanya apakah akan ada arah join produksi itu sangat mungkin, karena memang tujuannya itu, tapi untuk pemasaran sudah tegas bahwa kami UD Trucks dan Isuzu akan tetap jalan sendiri," katanya, Kamis (24/3/2022).

Secara lebih rinci Chris menjelaskan, jalinan kerja sama yang dilakukan keduanya akan mengarah ke kendaraan masa depan, seperti penggunaan sistem elektrifikasi atau autonomous.

"Pertama perlu kita ketahui tantangan ke depan terkait efisiensi itu sudah pasti memerlukan teknologi untuk menunjang. Ke depan untuk menemukan teknologi terbaru khususnya pada truk apakah itu autonomous, apakah elektrifikas, itu memerlukan research and development. Tidak mungkin hanya dikerjakan oleh satu orang sehingga perlu adanya sinergi," jelasnya.

Pabrikan otomotif asal Jepang ini juga menyebut, biaya terbesar untuk menciptakan sebuah kendaraan ialah research and development, karenanya kerja sama yang dilakukan dalam industri otomotif bukan hal baru.

Photo : 123RF

"Lalu bagaimana dengan Indonesia, secara jelas dan tegas diuraikan bahwa UD Trucks dan Isuzu saat ini berjalan seperti yang sekarang ada," tuturnya.

Sebagai informasi, Isuzu Motors dan Volvo Gruo sepakat untuk menjalin aliansi. Membagun kemitraan global, keduanya akan membangun bisnis yang kuat bagi Isuzu dan juga UD Trucks.

Dalam keterangan resminya, Volvo menyebut, kerja sama yang dilakukan akan dilakukan untuk jangka panjang.

Sebelum diambil alih, UD Trucks bersama Volvo Grup memiliki pengalaman dan keahlian di segmen truk lebih dari 14 tahun. Kendaraan komersial yang diciptakan mencakup bidang teknologi, pengadaan, logistik, produksi dan penjualan.

Sempat berganti nama dari Nissan Diesel, hadirnya beragam inovasi membuat UD Trucks dikenal sebagai salah satu perusahaan kendaraan komersial yang sukses secara global.

Artikel Terkait