Koleksi Kendaraan Tjahjo Kumolo Punya Tiga Toyota Crown

Toyota Crown sebagai sedan mewah menjadi beberapa koleksi kendaraan Tjahjo Kumolo semasa menjadi Menteri

Koleksi Kendaraan Tjahjo Kumolo Punya Tiga Toyota Crown
Photo: shutterstock

TRENOTO – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat 1 Juli 2022. Beliau wafat setelah dirawat secara intensif di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat sejak 20 Juni karena mengalami infeksi paru-paru.

Berdasarkan data dari laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), pria asal Surakarta ini memiliki beberapa kendaraan klasik. Setidaknya koleksi kendaraan Tjahjo Kumolo terdapat 7 mobil lawas yang rata-rata bermerek Toyota.

Disebutkan bahwa dirinya memiliki sebuah Mercedes-Benz buatan 1985 dengan taksiran harga Rp80 juta. Lalu sang menteri mempunyai tiga unit Toyota Crown tahun lawas namun terkenal sebagai sedan mewah.

Ia melaporkan kepemilikan Toyota Crown lansiran 1992 dan 1993 dengan taksiran harganya mencapai Rp75 juta dan Rp80 juta. Lalu satunya lagi Toyota Crown Royal 3.0 G AT buatan 2009 dan ditaksir seharga Rp62 jutaan.

Photo : e-lhkpn

Toyota Crown memang dikenal sebagai sedan mewah dan menawarkan kenyamanan berkelas. Mobil asal Jepang ini menyajikan berbagai fitur yang memanjakan pengendara hingga penumpang di dalam kendaraan.

Unit tertinggi yang dimiliki oleh sang menteri adalah Toyota Crown Royal Saloon dan menggendong mesin 3.000 cc. Tidak hanya mewah, dapur pacu kendaraan cukup bisa diandalkan untuk berakselerasi.

Tidak hanya itu, dirinya juga mempunyai sebuah Toyota Alphard 3.5 AT alias varian termahal. Unit MPV mewah lansiran 2012 ditaksir Rp300 juta.

Dan sang politisi PDI Perjuangan ini juga memiliki satu MPV Toyota lainnya yakni Nav1. Unit buatan 2013 tersebut ditaksir seharga Rp180 jutaan.

MPV yang merupakan salah satu kendaraan andalan keluarga Indonesia yakni Toyota Kijang Innova 2012. MPV 7 penumpang tersebut ditaksir seharga Rp150 jutaan.

Photo : e-lhkpn

Secara total tujuh unit kendaraan dimiliki Tjahto Kumolo bernilai Rp927 jutaan.

Lalu selain kendaraan, dirinya juga memiliki beberapa aset berupa tanah dan bangunan senilai Rp3.1 miliar. Adapun yang pertama adalah bangunan seluas 33 m2 di Jakarta selatan senilai Rp400 juta.

Kemudian ada tanah dan bangunan seluas 534 m2/232 m2 yang lokasinya juga berada di Jakarta Selatan senilai Rp2.7 miliar.

Artikel Terkait