Koleksi Mobil Lukas Enembe, Gubernur Papua yang Ditangkap KPK

Akhirnya ditangkap KPK karena kasus korupsi, berikut koleksi mobil Lukas Enembe berdasarkan laporan ELHKPN

Koleksi Mobil Lukas Enembe, Gubernur Papua yang Ditangkap KPK
Photo: Reuters

TRENOTO – Lukas Enembe, Gubernur Papua periode 2013 – 2018 dan 2018 – 2023 resmi menjadi satu dari dua tersangka kasus dugaan suap proyek pembangunan infrastruktur di Papua. Hal ini sebelumnya disampaikan oleh Alexander Marwata selaku Wakil Ketua KPK.

“Menindaklanjuti masuknya laporan masyarakat yang selanjutnya dilakukan pengumpulan berbagai informasi dan data valid sehingga ditemukan bukti permulaan yang cukup, KPK melakukan penyelidikan dan berlanjut ke tahap penyidikan dengan menetapkan dan mengumumkan tersangka,” ucap dia dikutip dari Antara, Rabu (11/1).

Lukas Enembe kemudian disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b, atau Pasal 11 dan Pasal 12B Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sebelumnya Lukas dibawa ke Mako Brimob Polda Papua untuk diperiksa. Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, Kapolda Papua telah membenarkan hal tersebut.

Kemudian kemarin pada Selasa (10/1) ia segera diterbangkan ke Jakarta dengan menggunakan pesawat carter yang berkapasitas 30 orang.

Photo : OLX Autos

Berdasarkan laporan dari ELHKPN, total kekayaan Gubernur Papua ini mencapai Rp33.7 miliar. Jumlah ini mencakup tanah, kendaraan, surat berharga hingga kas.

Tertera dalam laporan tersebut tanggal penyampaiannya adalah periodik 2021. Dikutip dari data ELHKPN intip koleksi mobil Lukas Enembe yang mencakup empat kendaraan tahun tua.

Dengan harga paling rendah di antara ke-empat unitnya ialah Toyota Camry 2010. Adapun melihat harga unit barunya saat ini mulai Rp700 jutaan.

Sedangkan unit bekasnya bisa ditemukan di bursa mobil bekas daring dengan harga bervariasi, mulai dari Rp100 jutaan. Banderol mobil tersebut juga bergantung pada kondisi keseluruhan unit dan kelengkapan surat-surat.

Baca juga: Melihat Garasi Plt Ketum PPP, Ada Bemo hingga Lexus Mirip Sambo

Selanjutnya ada Honda Jazz 2007. Di Indonesia unitnya sudah lama tidak diproduksi dan posisinya digantikan dengan City Hatchback.

Meski begitu Jazz masih tetap menjadi salah satu hatchback yang digemari dan dicari kalangan penggemar otomotif. Harga jualnya masih tinggi di kisaran Rp190 jutaan ke atas.

Lalu tercatat juga Toyota Fortuner 2007 senilai Rp300 juta. Sebagai perbandingan model terbarunya dibanderol Rp500 jutaan – Rp700 jutaan sedangkan unit bekas tahun 2007 ke atas dijual di kisaran Rp150 jutaan ke atas.

Terakhir ada Toyota Land Cruiser 2010 senilai Rp396.9 juta. Unit barunya sekarang dibanderol mulai dari Rp2.45 miliar – Rp2.51 miliar.

Photo : Toyota

SUV (Sport Utility Vehicle) ini menggunakan mesin diesel berkapasitas 3.346 cc. Ukurannya yang besar bisa memuat hingga 7 orang penumpang termasuk pengemudi.

Berbeda dengan model-model lainnya, Land Cruiser bekas masih memiliki harga jual yang tinggi di bursa mobil bekas. Salah satunya memasang harga Rp1.2 miliar untuk Land Cruiser lansiran 2012 sedangkan unit tahun 2011 ke belakang dibanderol Rp400 jutaan ke atas.

Artikel Terkait