Konsumsi Pertamax Naik 17 Persen Jelang Premium Hilang

Pada libur Natal 25 Desember 2021, konsumsi Pertamax, Pertamina Dex, Dexlite hingga Turbo mengalami kenaikan

Konsumsi Pertamax Naik 17 Persen Jelang Premium Hilang
Photo: Pertamina

TRENOTO – Pertamina mencatat adanya kenaikan konsumsi bahan bakar jenis Pertamax pada masa liburan Natal 2021. Khususnya di Jawa Barat, penggunaan Pertamax terbilang mencapai 17 persen pada 25 Desember, dibandingkan konsumsi harian.

Hal ini dikatakan sebagai fenomena menarik, karena pengendara lebih memilih BBM (Bahan Bakar Minyak) yang berkualitas dan ramah lingkungan.

“Pada libur Natal ini, selain konsumsi Pertamax dan Dexlite di wilayah Jawa Bagian Barat yang meningkat dibandingkan normal harian. Pada hari H Natal, peningkatan konsumsi BBM jenis Pertamax Turbo sebesar 10 persen, Pertamina Dex 5 persen dan Dexlite 67 persen,” ucap Eko Kristiawan, Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat pada siaran resminya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, bahwa tren ini menunjukkan bahwa para pengemudi semakin meyakini, bahwa kenyamanan bepergian mensyaratkan kendaraan yang prima.

Photo : Pertamina

Pertamax Turbo dengan RON (Research Octane Number) 98 dan Pertamax RON 92 untuk mesin bensin, serta Pertamina Dex dengan CN (Cetane Number) 53 untuk mesin diesel, akan menjamin pembakaran akan lebih sempurna dan maksimal.

“Penggunaan Pertamax Series dan Dex Series cocok untuk perjalanan jauh karena keunggulannya, mesin menjadi lebih dingin, efisien, awet dan mampu meningkatkan performa,” jelasnya kemudian.

Pertamax untuk Mobil Tua

Belum lama ini, Pemerintah menyatakan bahwa pihaknya akan mendorong masyarakat untuk menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Dengan kata lain BBM jenis Premium perlahan-lahan akan dihapus. Lalu masyarakat diharapkan beralih pada Pertalite.

Lalu tidak sampai di sana, transisi akan berlanjut di mana masyarakat akan didorong untuk menggunakan Pertamax. Hal ini dikarenakan Pertalite juga akan dihapus dari Tanah Air.

Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax akan memiliki RON 92 dan dianggap cocok untuk mobil keluaran baru. Mobil-mobil baru yang notabene menggunakan kompresi mesin lebih tinggi, membuat pembakaran lebih sempurna apabila menggunakan Pertamax.

Photo : 123RF

Namun bagaimana nasib para mobil lawas alias jadul yang masih banyak digunakan masyarakat saat ini. Apakah mesin kendaraan tersebut bisa beradaptasi dengan bahan bakar dengan RON 92 bernama Pertamax.

“Kalau mengenai itu (kompresi tinggi) betul, tapi mesin kendaraan tua tetap bisa menggunakan Pertamax tanpa kerusakan. Hanya saja manfaat Pertamax yang diberikan tidak sebaik jika menggunakan mesin teknologi terbaru,” ucap Syamsudin, Fuel Technical Expert PT Pertamina Patra Niaga kepada TrenOto (28/12/2021).

Artikel Terkait