Korlantas Polri Targetkan 2027 Pelat Nomor Putih Rampung

Kepolisian Republik Indonesia menargetkan membuat seluruh pelat nomor putih pada kendaraan pribadi rampung 2027

Korlantas Polri Targetkan 2027 Pelat Nomor Putih Rampung
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Penerapan pelat nomor putih segera berlaku dan diharapkan dapat rampung seluruhnya pada 2027. Hal ini disampaikan oleh Brigjen Pol Yusri Yunus, Dirregident Korlantas Polri beberapa waktu lalu.

Dalam lima tahun, terdapat beberapa kendaraan prioritas yang bisa mengganti pelat nomor berwarna hitam menjadi putih. Prioritas tersebut adalah kendaraan baru, telah memasuki pembayaran pajak lima tahunan dan mutasi atau berpindah daerah.

“Nanti dari 2027 lengkap, semuanya sudah putih karena sudah 5 tahun. Memang skala prioritas adalah kendaraan baru, pajak lima tahunan serta kendaraan mutasi,” ungkapnya.

Photo : NTMC Polri

Karena dilakukan secara bertahap maka dalam masa transisi akan ada 2 warna pelat nomor digunakan. Masyarakat yang menggunakan warna hitam diharapkan tidak khawatir karena masih tetap berlaku secara sah.

“Tidak apa-apa kalau masih pakai pelat hitam,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor kendaraan akan berubah warna dari hitam menjadi putih. Pelaksanaannya akan dilakukan pada petengahan 2022.

Kebijakan berdasarkan Peraturan Kepolisian Republik Indonesia (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, Pasal 45 ayat 1 huruf a, yakni TNKB berwarna dasar putih, tulisan hitam untuk kendaraan bermotor perseorangan, badan hukum, PNA (Perwakilan Negara Asing) dan Badan Internasional.

Photo : NTMC Polri

Perubahan warna bertujuan untuk mengefektifkan penerapan Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Pasalnya, pelat nomor berwarna dasar hitam sulit terbaca kamera tilang elektronik.

Padahal tilang elektronik memiliki beragam keuntungan, termasuk membuat masyarakat lebih disiplin dalam berkendara. Tentunya perubahan sikap pengendara ke arah positif mampu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan serta kemacetan.

Dalam aturan tersebut juga disampaikan beberapa aturan terkait warna pelat nomor lainnya. Kuning tulisan hitam untuk kendaraan bermotor umum, merah tulisan putih untuk milik instansi pemerintah.

Ada juga pelat nomor berwarna hijau tulisan hitam untuk di kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk. Warna TNKB sebagaimana dimaksud pada ayat 1 ditambahkan tanda khusus untuk kendaran listrik yang ditetapkan dengan Keputusan Kakorlantas Polri.

 

Artikel Terkait