KTT G20 Gunakan 500 Mobil Listrik, PLN Bangun 21 SPKLU Baru

PLN bangun 21 SPKLU baru untuk pastikan kelancaran KTT G20 yang akan menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan para delegasi

KTT G20 Gunakan 500 Mobil Listrik, PLN Bangun 21 SPKLU Baru
Photo: 123RF
  • Oleh Adi Hidayat

  • Selasa, 28 Desember 2021 | 15:00 WIB

TRENOTO – PLN memastikan akan membangun 21 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di berbagai lokasi di Bali. Hal ini untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan diselenggarakan pada 2022.

Indonesia resmi akan menjadi tuan rumah KTT G20 yang akan diselenggaran di Bali pada Oktober 2022. Dalam penyelenggaraan tersebut, Pemerintah ingin menunjukkan kepada dunia kesiapan Indonesia dalam menggunakan kendaraan listrik.

"Berdasarkan informasi, akan ada 500 mobil listrik digunakan oleh para delegasi KTT G20. Tentu jumlah SPKLU yang ada saat ini masih kurang,” Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN beberapa waktu lalu.

Photo : Istimewa

21 SPKLU baru yang akan dibangun oleh PLN adalah tipe fast charging dengan rincian 12 unit tipe 25 kilo Watt (kW) dan 9 unit tipe 50 kW.  SPKLU tersebut nantinya akan tersebar di 15 shelter di seluruh Bali dan diharapkan bisa mulai beroperasi pada Maret 2022.

Pahala Nugraha Mansury, Wakil Menteri BUMN mengatakan bahwa pembangunan listrik ini dharapkan tidak hanya untuk KTT G20. Dilansir dari Antara, Ia berharap pembangunan ini bisa mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia

“Kami berharap dengan SPKLI ini tidak hanya untuk kelancaran KTT G20, namun juga sebagai pemicu dalam mendorong masyarakat menggunakan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KLBB),” tegas Pahala.

Menurutnya, KLBB sebenarnya memiliki banyak keuntungan karena biaya operasionalnya lebih rendah ketimbang kendaraan konvensional. Dengan demikian maka bisa menjadi pilihan untuk institusi yang sedang memerlukan efisiensi dalam operasionalnya.

Photo : PLN

“Sebetulnya bagi pengguna motor listrik, bila dia berkendara 60-70 km per hari, penghematan perbulannya bisa mencapai Rp300-400 ribu. Berarti untuk satu tahun penghematannya bisa mencapai Rp4-5 juta,” tegasnya.

Saat ini total SPKLU yang dimiliki oleh PLN di seluruh Indonesia total berjumlah 68 unit. Dia pun menargetkan pada tahun depan PLN akan semakin masif menambah SPKLU. Sehingga para pemilik kendaraan listrik tak lagi ragu untuk menggunakan kendaraan listriknya.

Berdasarkan data dari PLB, saat ini ada 14.400 unit kendaraan listrik yang telah beroperasi. Dari jumlah tersebut sekitar 12 ribu lebih di antaranya adalah motor listrik dan 1.656 unit merupakan mobil listrik.

Artikel Terkait