Lexus Kembangkan Transmisi Manual Mobil Listrik

Lexus kembangkan transmisi manual mobil listrik masa depan mereka guna memberikan kesan berkendara yang berbeda

Lexus Kembangkan Transmisi Manual Mobil Listrik
Photo: carscoop

TRENOTO –  Produsen otomotif terus bebenah demi memberikan terbaik kepada konsumen. Salah satunya adalah Lexus yang tengah mengembangkan transmini manual pada mobil listrik.

Mengutip Carscoops hal itu dikatakan langsung oleh Takashi Watanabe, Chief Engineer di Lexus Electrifield. Idenya muncul berawal dari obrolan para insiyur tentang hal kesukaan mereka pada kendaraan konvensional.

Photo : carscoop

Akan tetapi girboks manual dinilai berlebihan untuk kurva torsi datar dari motor penggerak mobil listrik. Hal berbeda justru ditunjukan Watanabe melihat gagasannya

“Ini adalah proyek sangat menyenangkan sehingga pengembangan berlangsung selama tiga tahun. Anehnya teknologi diciptakan bukan untuk pertunjukan namun akan ada beberapa mobil listrik milik kita pada masa depan,” ujar Watanabe.

Sebelumnya pabrikan asal Jepang sudah mencoba menerapkan transmisi manual pada protipe Lexus UX300e. Hasil cukup memuaskan dari tes tersebut

Terlihat banyak orang suka teknologinya, soalnya pengemudi bisa tetap merasakan suara perpindahan gigi saat berkendara mobil listrik.

Pada kesempatan itu terdapat tiga pedal di mobil elektrik. Tombol tombol shift fungsional dan penghitung putaran yang jelas tidak berkorelasi dengan putaran motor listrik.

Baca Juga: Harga Lexus NX300 F-Sport Bekas Ternyata Segini

Sama seperti mobil konvensional biasa, pengemudi harus menginjak pedal kopling untuk menggatur transmisi. Jika tidak dilakukan maka mobil akan mati.

Ada juga suara simulasi mesin bakar diputar melalui speaker. Membuat perpindahan gigi lebih intuitif bagi pengemudi.

Elemen penting lainnya adalah pemetaan yang direvisi untuk motor listrik guna mereplikasi perilaku berkendara dari model diinginkan. Bersama fitur berbasis perangkat lunak lainnya, sehingga berpotensi memungkinkan pengemudi untuk merasakan kendaraan seusai keinginan mereka.

Terobosan ini bukan hal pertama transmisi manual dipadukan bersama powertrain listrik. Sebelumnya ada mobil konsep seperti Opel Manta GSE Elektromod dan banyak mobil klasik konversi EV lainnya menggunakan transmisi manual.

Photo : carscoop

Di sisi lain Lexus bisa menjadi produsen pertama membawa transmisi manual mobil listrik ke tahap produksi masal pada masa mendatang. Sebab sekarang lebih banyak kendaraan roda empat elektrik mengandalkan sistem otomatis.

Puncaknya mereka akan memasukan ide anyarnya ke dalam versi produksi konsep electrified sport. Dengan begitu wajib ditunggu terobosan dari Lexus.

Artikel Terkait